Soal PAT Kelas 5 Tema 6
- Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawaban.
- Bacalah soal-soal dengan teliti dan benar.
- Kerjakanlah soal-soal yang mudah terlebih dahulu.
- Teliti kembali hasil pekerjaanmu sebelum dikumpulkan kepada guru.
“Saya mengerjakan sendiri dengan jujur karena kejujuran adalah nilai yang terbaik buat saya.“
MUATAN BAHASA INDONESIA KD
3.3
I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling benar!
1. Bacalah paragraf berikut!
Benda yang dapat menghasilkan energi panas
disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam,
salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar.
Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari
membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses
fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi
bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Kalimat tanya yang sesuai paragraf di atas adalah .…
a. Zat apa saja yang dikeluarkan
matahari?
b. Apa sumber energi panas terbesar di
alam kita?
c. Bagaimana proses fotosintesis?
d. Kapan tumbuhan tak dapat melakukan
fotosintesis?
2. Bacalah
paragraf ini!
Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan
secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat
memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa
nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah
ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah
pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga
kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan
penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak
terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin
di pegunungan.
Kata kunci yang terdapat pada
paragraf di atas adalah ….
a. indra
peraba, pegunungan, cuaca
b. dingin,
jaket, pegunungan
c. malam
hari, berkemah, pegunungan
d. indra
peraba, panas dan dingin, derajat panas
3. Bacalah
paragraf di bawah ini!
Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas
merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu
benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut
mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut
menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika
batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang
menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat
energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah
derajat Celcius (°C).
Simpulan
paragraf di atas adalah ....
a. Panas
dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan
api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api.
b. Panas
dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Panas merupakan salah satu energi yang
dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Suhu adalah besaran yang
menyatakan derajat panas suatu benda.
c. Ketika
sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi
panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas.
Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam
menjadi dingin, suhunya menurun.
a. kalimat
b. halaman
c. paragraf
d. kalimat
pertama
5. Tujuan
dari teks eksplanasi adalah ….
a. melaporkan
hasil observasi
b. menggambarkan
suatu obyek
c. menjelaskan
suatu prosedur
d. menyajikan
informasi berupa fakta
6. Informasi
penting sebuah teks/bacaan harus ditulis menggunakan kosakata yang ....
a. baku
b. tidak
baku
c. bebas
d. gaul
7. Berikut
merupakan contoh penulisan kata baku adalah ....
a. Analisa
b. Aktip
c. Nopember
d. Risiko
8. Agar
dapat menyimpulkan isi bacaan, maka ....
a. menulis
bacaan
b. membaca
isi keseluruhan bacaan
c. membuat
kalimat
d. merenungkan
isi bacaan
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
9. Kata-kata
yang dianggap penting dalam paragraf dinamakan ....
10. Informasi-informasi
yang termuat di dalam teks eksplanasi berdasarkan ….
11. Kayu dan plastik adalah beberapa contoh benda yang bersifat isolator.
Arti
dari kata yang dicetak tebal adalah ....
MUATAN PPKn KD 3.2
I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling benar!
- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengesahkan Konvensi Hak-Hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal ....
b. 23 Juli 1984
c. 2 Oktober 1950
d. 20 November 1989
a. bertentangan
b. menyalahi
c. dibenarkan
d. dilarang
14. Di bawah ini yang bukan
termasuk kewajiban siswa di sekolah adalah …
a. mendapatkan pelajaran
b. menaati peraturan sekolah
c. menjaga fasilitas belajar di
sekolah
d. melakukan piket kelas
15. Hak
seorang warga negara yang diatur dalam pasal 27 ayat 1 adalah ….
a. pendidikan
b. kedudukan di mata hukum
c. memeluk agama yang diyakini
d. berkumpul dan mengeluarkan
pendapat
16. Di
bawah
ini yang merupakan kewajiban kita sebagai warga negara, kecuali ….
a. mengikuti pendidikan dasar
b. membayar pajak tepat waktu
c. menaati peraturan dan hukum yang
berlaku
d. mendapatkan kebebasan
dalam memeluk agama yang diyakini
17. Setiap warga negara berhak untuk
mendapatkan pendidikan dan pengajaran, hal itu diatur dalam Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal ….
a. 31 ayat 1
b. 32 ayat 2
c. 33 ayat 1
d. 28 ayat 2
18. Berikut merupakan akibat
melalaikan kewajiban adalah ...
a. terjadi keharmonisan
b. terjadi ketenangan
c. mendapatkan hak
d. setiap orang dapat berbuat
semena-mena
19. Kewajiban yang diabaikan oleh
masyarakat yang dapat menyebabkan banjir adalah….
a. tidak mau bekerja
b. buang sampah sembarangan
c. berdagang di trotoar jalan
d. ugal-ugalan di jalan raya
II. Isilah titik-titik di bawah ini
dengan benar !
- Sesuatu yang wajib dilaksanakan untuk menjamin haknya terpenuhi merupakan arti dari ....
- Setiap
warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hal itu diatur
dalam ....
- Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan ....
MUATAN IPA KD 3.6
I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling benar!
23.
Perhatikan gambar berikut!
Energi panas yang dimanfaatkan dalam gambar berasal dari ….
a. api
b. angin
c. awan
d. matahari
24. Sumber
energi panas terbesar di bumi adalah ….
a. api
b. gas alam
c. listrik
d. matahari
25.
Besaran yang menyatakan derajat
panas suatu benda disebut ….
a. cuaca
b. kalor
c. suhu
d. zat
26.
Suatu bentuk energi yang dapat
berpindah karena perbedaan suhu antara dua benda atau lebih disebut . . . .
a. panas
b. konduksi
c. konveksi
d. radiasi
27.
Perpindahan kalor yang disertai
dengan perpindahan zat perantaranya disebut . . . .
a. panas
b. konduksi
c. konveksi
d. radiasi
28.
Berikut ini yang merupakan contoh
perpindahan panas dengan cara radiasi adalah . . . .
a. merebus air dengan menggunakan
api unggun
b. membakar ubi dengan api unggun
c. paku dipanaskan memakai lilin
d. anak ayam berkerumun di bawah
lampu
29.
Bahan yang dapat menghantarkan
panas dengan baik disebut …
a. konduktor
b. isolator
c. semi konduktor
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
32.
Perpindahan panas terjadi dari
benda yang lebih panas atau kalornya lebih banyak ke benda yang . . ..
33.
Fungsi ruang hampa pada bagian
termos adalah ....
MUATAN IPS KD 3.2
I. Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang paling benar!
34. Manusia berinteraksi dengan
lingkungan alam untuk beberapa tujuan, manakah yang bukan merupakan tujuan
tersebut ?
a. Untuk memenuhi kebutuhan.
b. Untuk memuaskan keinginan.
c. Untuk mendapatkan makanan.
d. Untuk mempertahankan hidupnya.
35.
Hubungan antarmanusia yang
saling memengaruhi satu sama lain, terjadi pada perorangan, antara kelompok,
maupun perorangan dengan kelompok.
Di bawah
ini manakah interaksi yang paling tepat dengan penjelasan di atas?
a. Interaksi Manusia dengan
Lingkungan Sosial
b. Interaksi Manusia dengan
Lingkungan Budaya
c. Interaksi Manusia dengan
Lingkungan Alam
d. Interaksi Manusia dengan
Lingkungan Ekonomi
36.
Ada beberapa faktor yang
mendorong proses interaksi sosial, salah satunya adalah faktor simpati. Apa
yang dimaksud dengan faktor simpati?
a. Faktor
yang mendorong seseorang mencontoh orang lain atau kelompok.
b. Faktor
yang mempengaruhi hati seseorang untuk bergerak.
c. Faktor
yang mendorong seseorang untuk memiliki kecenderungan atau keinginan menjadi
sama dengan orang lain.
d. Faktor
yang mendorong seseorang untuk tertarik kepada orang lain.
37.
Berikut jenis pekerjaan
masyarakat di daerah pantai adalah ....
a. peternak
b. petani garam
c. pedagang hasil bumi
d. berkebun
38.
Peran juru lelang dalam
pelelangan ikan adalah ....
a. menjual
ikan ke daerah lain
b. menawarkan
harga kepada calon pembeli
c. menjual
ikan di tempat pelelangan
d. membawa
ikan dari TPI ke daerah lain
39.
Manfaat adanya pelatihan bagi
para perajin di suatu daerah adalah ….
a. menambah
persaingan antar perajin
b. mengubah
profesi para perajin
c. meningkatkan
tingkat ekonomi perajin
d. menciptakan
kebimbangan para perajin
40.
Di antara oleh-oleh khas Tegal
yaitu .…
a. bakpia patok
b. tahu
aci
c. wingko
babat
d. empek-empek
41.
Pengaruh keberadaan usaha
kerajinan yang berkembang dan menerima karyawan lokal bagi pembangunan ekonomi
masyarakat adalah .…
a. menciptakan tradisi baru di
masyarakat
b. menambah masalah sosial baru di
masyarakat
c. menimbulkan kecemburuan sosial di
masyarakat
d. membuka lapangan kerja bagi
lingkungan sekitar
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
42. Menurut berita dari CNN Indonesia
yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar
kedua dunia. Dirjen Pengolahan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Tuti Hendrawati
Mintarsih, menyebut total jumlah sampah di tahun 2019 mencapai 68 juta ton
sampah plastik. Tentu ini sangat berdampak negatif terhadap lingkungan.
Upaya perbaikan yang bisa kita lakukan atas dampak negatif yang disebabkan karena interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah ....
43.
Petani tambak, petani garam, dan petani karang dan mutiara adalah mata pencaharian masyarakat di daerah ....
44.
Kerajinan masyarakat yang menjadi
oleh-oleh khas Pekalongan adalah ….
MUATAN SBdP KD 3.2
I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling
benar!
45.
Tangga nada ada 2
macam, yaitu …
a. Mayor dan Minor
b. Nasional dan Daerah
c. Diatonis dan Pentatonis
d. Slendro dan Pelog
46.
Berapa nada pokok
yang terdapat pada tangga nada diatonis?
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
47.
Dibawah ini, manakah
yang merupakan lagu yang menggunakan tangga nada Pelog?
a. Gundul-Gundul Pacul
b. Jamuran
c. Lir-Ilir
d. Cublak-Cublak Suweng
48.
Jamuran merupakan lagu bertangga
nada Slendro. Berikut sifat-sifat yang menggambarkan tangga nada Slendro adalah ....
a. lincah
dan muram
b. lincah
dan gembira
c. tenang
dan datar
50.
Kelompok pencon pada gamelan Jawa
terdiri atas alat berikut, kecuali ....
a. Slentem
b. Kenong
c. Gong
d. Kempyang
51.
Lagu daerah berikut ini
menggunakan tangga nada pentatonis, kecuali ....
a. Es Lilin
b. Manuk Dadali
c. Cing Cangkeling
d. Soleram
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
52.
Lagu Jamuran berasal dari daerah
....
53.
Alat musik bonang cara
memainkannya dengan di ....
54.
1 2 3 4 5 6 7 (C+ D E- F# G# A B)
dengan perbedaan interval yang besar adalah tangga nada ....
MUATAN SBdP KD 3.3
I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling
benar!
b. pola lantai
c. pola penari
d. formasi penari
56.
Tari Badong menggunakan pola
lantai ...
a. garis
lurus
b. melingkar
c. melengkung
d. menyebar
57.
Tari Pendet menggunakan pola
lantai ....
a. garis lurus
b. melingkar
c. melengkung
d. menyebar
58.
Pengembangan dari pola lantai
garis lurus adalah ....
a. segitiga,
segiempat, lingkaran
b. zig-zag,
lingkaran, angka delapan
c. angka
delapan, garis lurus ke depan
d. diagonal,
zig-zag, horizontal
59.
Pada pola lantai, garis lengkung
memberikan kesan ....
a. sederhana
tapi kuat
b. lemah
dan lembut
c. kuat
dan tegas
d. selaras
dan dinamis
60.
Eksplorasi pola lantai dalam
latihan menari bertujuan ....
a. agar
penari mampu membuat pola lantai yang bervariasi serta sesuai dengan tari yang
dibawakan
b. agar
penari memperoleh ide dalam menentukan busana tari yang sesuai
c. agar
penari memperoleh kemudahan dalam melakukan komunikasi dengan penonton
d. agar
penari dapat membawakan karya tari sesuai dengan iringan musik
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
61. Lingkaran
dan angka delapan merupakan pengembangan dari pola lantai ....
62. Garis
lurus pada pola lantai memberikan kesan ....
63. Pola lantai tarian di samping adalah ....
MUATAN
SBdP KD 3.1
I.
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling benar!
64. Memperjelas
alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik
perhatian, menambah nilai artistik/keindahan, dan sarana untuk mengungkapkan
perasaan penggambarnya merupakan ... dari gambar cerita.
a. teknik
b. pengertian
c. fungsi
d. media
65. Perhatikan
tabel di bawah ini!
1 |
Majalah |
2 |
Buku Raport |
3 |
Poster |
4 |
Iklan |
5 |
Laporan Penelitian |
Gambar
cerita tidak ditemukan di media nomor ....
a. 1
dan 2
b. 2
dan 3
c. 2
dan 4
d. 2
dan 5
66. Amati gambar di bawah!
Pernyataan
yang sesuai dengan gambar adalah ...
a. Menggunakan
teknik blok.
b. Menggunakan
teknik arsir.
c. Dengan
media teknik basah.
d. Menggunakan
teknik sapuan.
67. Media
berikut yang digunakan dalam teknik basah adalah ...
a. cat air
b. pulpen
c. pensil
d. krayon
68. Perhatikan
gambar di bawah!
Gagasan
atau tema yang terdapat pada gambar cerita itu adalah ...
a. Memancing
ikan
b. Menangkap
ikan
c. Bermain
dengan ikan
d. Memberi
makan ikan
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
69. Teknik kering yang digunakan dalam membuat gambar cerita di bawah adalah teknik ….
0 Response to "Soal PAT Kelas 5 Tema 6"
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini