Tema 1 Sub Tema 1 Pertemuan 1
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah memanfaatkan media pembelajaran daring blog Kelas 5 Kota Tegal ini, diharapkan kamu sebagai siswa dapat :
Contoh lain, yuk dibaca!
Itulah contoh cara mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. Jadi ide pokok yang ringkas itu dilanjutkan, dijelaskan secara rinci menjadi sebuah paragraf. Yaitu menjadi beberapa kalimat namun dalam satu ide pokok atau satu pokok pikiran.
Ingat, penulisan paragraf dimulai dengan kalimat yang letaknya agak menjorok ke dalam, tidak rata kiri dari baris pertama sampai terakir.
Kamu bisa coba latihan mengembangkan ide pokok yang ada di buku siswa kalian agar bisa menguasai dalam mengembangkan ide pokok. Semangat!
Setelah kita tadi menentukan ide pokok, mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf yang runtut, tahukah kalian apa pengertian dan fungsi ide pokok itu sendiri? dan bagaimana cara menentukan ide pokok secara lengkap?
Ayo kita diskusikan!
1. Pengertian ide pokok bacaan
SIMPULAN
Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi semua, tetap SEMANGAT PAGI ya!
Lama sekali kita tak berjumpa karena wabah Covid-19, sehingga terpaksa pembelajaran masih online/ daring.
Semoga kamu sehat-sehat semua ya, sehingga bisa belajar dan aktifitas lainnya.
Baiklah anak-anak, kita mulai pelajarannya.
Selamat pagi semua, tetap SEMANGAT PAGI ya!
Lama sekali kita tak berjumpa karena wabah Covid-19, sehingga terpaksa pembelajaran masih online/ daring.
Semoga kamu sehat-sehat semua ya, sehingga bisa belajar dan aktifitas lainnya.
Baiklah anak-anak, kita mulai pelajarannya.
1. Berdoa dulu, Untuk yang muslim bacan doa ini ya, klik LISTEN IN BROWSER!
2. Yuk menyanyikan lagu Garuda Pancasila sebagai rasa cinta tanah air dan sesuai materi kita hari ini.
3. Pesan Kesehatan tonton dulu!
Nah, sekarang siapkan buku catatan dan alat tulis kalian, catat materi intinya agar mudah dipelajari tanpa harus buka internet lagi ya!
Kita akan belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
sub Tema 1 Organ Gerak hewan
Kita akan belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
sub Tema 1 Organ Gerak hewan
KEGIATAN INTI
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah memanfaatkan media pembelajaran daring blog Kelas 5 Kota Tegal ini, diharapkan kamu sebagai siswa dapat :
- menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
- mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat.
- menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila yaitu gotong-royong dengan percaya diri.
2. Kegiatan Pembelajaran
Organ Gerak Manusia dan Hewan
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Anak-anak, pada hari ini kita akan belajar mulai dari Kalimat Utama dan Ide Pokok.
Jika kita amati maka kalimat utama dan ide pokoknya sebagai berikut
Paragraf |
Kalimat Utama |
Ide Pokok |
---|---|---|
1 |
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. | Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. |
2 |
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. | Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak. |
3 |
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. | Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. |
Mudahkan? jika belum paham coba ulangi lagi membacanya!
Sekarang kita akan berlatih mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut. Namun sebelum ke arah itu perlu kita memisahkan antara ide pokok dan kalimat pengembang. Perhatikan tabel di bawah ini.
Paragraf |
Ide Pokok |
Kalimat Pengembang |
---|---|---|
1 |
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. | Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. |
2 |
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak. | Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. |
3 |
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. | Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. |
Jadi kalimat pengembang adalah menerangkan atau menjelaskan ide pokok yang masih ringkas.
Contoh lain, yuk dibaca!
Gerak Ikan dalam Air
Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh ikan adalah bentuk rudal. Dengan bentuk badan ini, memungkinkan ikan meliuk ke kanan dan ke kiri, juga berfungsi mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air
Perhatikan tabel di bawah ini.
Paragraf |
Ide Pokok |
Kalimat Pengembang |
---|---|---|
1 |
Ikan memiliki sistem gerak yang unik. | Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air. |
2 |
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh ikan adalah bentuk rudal. | Dengan bentuk badan ini, memungkinkan ikan meliuk ke kanan dan ke kiri, juga berfungsi mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. |
Nah itulah contoh antara ide pokok dengan kalimat pengembang. Cobalah dengan paragraf lainnya yang ada di buku siswa!
Sekarang kita coba mengembangkan dari ide pokok yang ada menjadi sebuah paragraf.
Paragraf
|
Ide Pokok
|
Paragraf
|
1
|
Organ gerak terdiri atas dua macam.
|
Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada organ juga gerak aktif yaitu otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.
|
2
|
Siput adalah salah satu hewan terlambat di dunia.
|
Siput adalah salah satu hewan terlambat di dunia. Mereka biasanya bergerak dalam kecepatan yang stabil tapi bisa mencapai kecepatan sekitar 46 m/jam atau sekitar 1,3 cm/ detik.
|
3
|
Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui musyawarah mufakat Keputusan dapat diambil secara bersama atas dasar saling menghargai dan menghormati. Melalui musyawarah mufakat dapat menghindarkan dari sikap egois, sifat suka memaksakan kehendak serta tidak menghargai pendapat orang lain.
|
Ingat, penulisan paragraf dimulai dengan kalimat yang letaknya agak menjorok ke dalam, tidak rata kiri dari baris pertama sampai terakir.
Kamu bisa coba latihan mengembangkan ide pokok yang ada di buku siswa kalian agar bisa menguasai dalam mengembangkan ide pokok. Semangat!
Setelah kita tadi menentukan ide pokok, mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf yang runtut, tahukah kalian apa pengertian dan fungsi ide pokok itu sendiri? dan bagaimana cara menentukan ide pokok secara lengkap?
Ayo kita diskusikan!
1. Pengertian ide pokok bacaan
- Ide pokok adalah ide/ gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok terdapat di dalam kalimat utama.
- Nama lain ide pokok yaitu : gagasan utama, gagasan pokok.
- Dalam satu paragraf hanya da satu ide pokok.
- Sebagai gagasan utama yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf.
- Dengan menemukan ide pokok, pembaca sudah memahami hampir seluruh bacaan.
- Memudahkan dan mempercepat membaca seluruh isi bacaan.
- Membaca paragraf dengan cermat.
- Cermati kalimat pertama hingga terakhir, apakah kalimat pertama gagasan pokok atau penjelas. apakah kalimat kedua, dan seterusnya.
- Terus baca hingga ditemukan gagasan pokok dari paragraf. apakah berada di awal, akhir, awal dan akhir atau di seluruh paragraf.
Sudah paham atau belum ? Kalau belum baca lagi, nah kalau sudah, baca simpulannya ya
- Ide pokok bacaan adalah kalimat inti atau kalimat pokok sebuah paragraf yang berfungsi untuk mengetahui inti atau pokok bahasan pada suatu bacaan.
- Gagasan pokok dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.
Kita beralih tentang materi Pancasila yuk!
Coba amati video dari youtube tentang contoh sikap yang sesuai dengan sila dari Pancasila.
dan sebelum pulang mari berdo'a dulu bersama-sama, klik LISTEN IN BROWSER dan ikuti bacaannya!
Coba amati video dari youtube tentang contoh sikap yang sesuai dengan sila dari Pancasila.
asyik ngga? Ini Contoh lainnya yang bisa dibaca :
1. Nilai ketuhan Yang maha Esa
Beriman dan beribadah sesuai agamanya, saling menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama yang berbeda, tidak memaksakan agama kepada orang lain.
2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Mengakui persamaan hak, derajat dan kewajiban sesama manusia. Saling mencintai sesama, tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
3. Nilai Persatuan Indonesia
menjaga persatuan dan kesatuan negara RI, cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.
4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
Semua warga memiliki kedudukan yang sama, mengutamakan musyawarah mufakat, mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok, tidak memaksakan kehendak.
5. Nilai Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia
Tidak boros, tidak bergaya hidup mewah dan perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras, menghargai hasil karya orang lain, adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, menolong dan menghargai orang lain.
Sekarang mari kita coba latihan menganalisis
sikap atau perilaku yang yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dengan memberi tanda centang pada sila yang sesuai.
No.
|
Perilaku/silkap
|
Sesuai
dengan sila ke ...
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
||
1
|
Gotong royong
|
|||||
2
|
Rajin beribadah
|
|||||
3
|
Melaksanakan hasil Keputusan musyawarah
secara bertanggung jawab
|
|||||
4
|
Tidak membeda-bedakan antara yang kaya
dengan yang miskin
|
|||||
5
|
Memberikan kesempatan kepada orang tua
untuk duduk ketika berada di angkutan umum
|
KEGIATAN AKHIR
Penutup
Sampai di sini dulu belajar kita, sebelum ditutup, mari kita lestarikan budaya daerah kita dengan menyanyikan lagu Prau layar dari Jawa Tengah!
Silakan Download Materi klik link di bawah
Baca juga :
Terima kasih
BalasHapusSudah membantu
Sama-sama, alhamdulillah
BalasHapusTerimakasih sangat bermanfaat sekali
BalasHapusSama-sama, Alhamdulillah
BalasHapus