Tema 1 Subtema 3 Pertemuan 2

KEGIATAN AWAL

Sebelum kita memulai pembelajaran kita awali dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaanya masing-masing ya! Untuk kalian yang beragama Islam baca doa di bawah ini ya! 
Setelah kalian berdoa kita lanjutkan dengan menyayikan Lagu Indonesia Raya yang di ciptakan oleh WR. Supratman, lagu ini adalah lagu kebangsaan Indonesia yang harus kita jaga untuk memupuk rasa cinta tanah air.




KEGIATAN INTI
Tujuan Pembelajaran
Melalui pemanfaatan media pembelajaran daring blog Kelas 5 Kota Tegal, diharapkan siswa dapat :
  • mengidentifikasi gangguan tulang dan otot pada manusia
  • menerapkan kebiasaan sehat untuk menjaga kesehatan tulang dan otot pada manusia
Materi Pembelajaran



Coba kamu perhatikan kakek tua itu. Kasihan sekali, tubuhnya sekarang bungkuk. Pada saat mudanya dulu dia terus memaksakan tubuhnya untuk bekerja tanpa mempedulikan waktu beristirahat. Sejak muda dia sudah jadi pengrajin gerabah, waktunya dihabiskan untuk selalu duduk membungkuk membentuk gerabah-gerabah pesanan. Dia pengrajin yang rajin dan pekerja keras, namun sayangnya dia melupakan waktu untuk beristirahat. Pada akhirnya, kini tubuhnya menjadi bungkuk. Tubuh kakek yang bungkuk menandakan adanya gangguan dan kelainan tulang.

Pada pembelajaran kali ini kita akan belajar tentang kelainan dan gangguan tulang serta bagaimana cara merawat kesehatan tulang kita.

Macam- macam kelainan pada organ gerak pasif ( Tulang)

Fraktura / Patah Tulang, adalah kondisi pada tulang karena kecelakaan atau terjatuh. Fraktura terbagi menjadi dua macam yaitu fraktura tertutup pada tulang yang tidak sampai menembus kulit dan fraktura terbuka pada tulang yang menembus kulit.
Fraktura/Patah Tulang
Fisura / Retak Tulang, adalah kondisi retak tulang karena benturan, terjatuh atau kecelakaan.
Fisura/Retak Tulang
Osteoporosis, Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan kalsium secara normal.
Osteoporosis
Lordosis.
Lordosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke depan sehingga kepala tertarik ke belakang.

Skoliosis.
Skoliosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke arah samping sehingga badan tampak melengkung ke kanan atau ke kiri seperti huruf s.

Kifosis
Kifosis terjadi jika tulang belakang melengkung ke belakang sehingga penderita tampak seperti membungkuk.

Anak-anak setelah kita mengetahui macam-macam kelainan pada tulang, kita perlu menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan kelainan tersebut. Berbagai posisi tubuh yang tidak tepat dapat mengakibatkan otot-otot tertentu bekerja secara berlebih. Misalnya saat duduk menulis, bekerja di depan komputer dengan posisi duduk yang tidak tepat, kebiasaan menelpon dengan menjepit telepon di antara kuping dan bahu.

Tulang punggung merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan besar dalam menjaga kestabilan tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian aktivitas sehari-hari kita dilakukan dengan posisi duduk, sehingga sangatlah penting untuk mengetahui posisi duduk yang benar untuk menjaga kesehatan tulang punggung kita.

Lalu bagaimanakah posisi duduk yang benar? Posisi dan sikap duduk yang benar itu adalah posisi dan sikap duduk yang ergonomis. Pada saat duduk, usahakan posisi kepala berada segaris dengan tubuh dan menghadap ke depan. Bahu rileks dengan lengan berada pada kedua sisi tubuh. Siku menempel pada tubuh dan menekuk membentuk sudut 90-120 derajat. Punggung harus ditopang secara penuh dengan penopang pada saat tegak, atau sedikit bersandar. Posisi paha dan panggul ditopang oleh dudukan kursi dan sejajar dengan lantai. Sedangkan lutut setinggi panggul, membentuk sudut 90 derajat.
Sikap duduk yang benar

Nah anak-anak, bagaimana pembelajaran hari ini? menarik bukan? Kalian sudah mengetahui macam-macam kelainan tulang dan bagaimana menjaga agar tulang kita tetap sehat. Sebelum kita melanjutkan pembahasan berikutnya, kita menyanyi sembari memperagakan seperti video di bawah ini yuk! tentunya kalian masih ingat dengan lagu "Kepala, Pundak, Lutut, Kaki" Lagu ini mengajak kita untuk bergerak dan mensyukuri atas apa yang telah Tuhan berikan untuk kita yaitu bagian tubuh yang lengkap dan sehat. kalian klik video di bawah ya!



Macam-macam kelainan pada organ gerak aktif (Otot)

Siapa yang suka makan ayam goreng? pasti semuanya suka ya? Ayam goreng yang kalian makan yang sering di sebut daging sebenarnya adalah otot. Pada manusia otot biasa kita gunakan untuk bergerak, karena otot termasuk alat gerak aktif.

Berikut ini adalah beberapa kelainan, gangguan, penyakit otot manusia

Hipertrofi Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan

Atrofi Kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.

Stiff/kaku leher Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak

Tetanus Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang


Sistem organ gerak manusia juga bisa mengalami gangguan atau kelainan. Faktor-faktor penyebab gangguan atau kelainan, antara lain disebabkan oleh kebiasaan yang salah, pola hidup yang salah, atau bisa pula karena pembawaan sejak lahir.

Pernahkah kamu mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan dengan anggota gerak? Jika pernah, bagaimana aktivitas yang kamu lakukan? Terganggu bukan? Oleh karena itu, jagalah kesehatan organ gerakmu!

Berikut ini cara mencegah terjadinya kelainan pada organ gerak kita
  1. Untuk menghindari kelainan kaki X yang merupakan bawaan sejak lahir, ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan minum susu berkalsium.
  2. Agar terhindar dari arthritis sebaiknya selalu menjaga metabolisme asam urat dalam tubuh dengan membatasi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam urat.
  3. Agar terhindar dari kelainan lordosis, kifosis, dan skoliosis sebaiknya melakukan olahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah, misalnya dengan menerapkan posisi duduk yang benar, menyangga tulang belakang dalam keadaan lurus saat tidur.
  4. Agar terhindar dari osteoporosis dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium dan diimbangi dengan olahraga yang teratur.
  5. Agar terhindar dari rakhitis dianjurkan untuk banyak mengonsumsi telur, susu, dan minyak ikan serta berjemur di pagi hari.

KEGIATAN AKHIR
Setelah kalian mengetahui macam-macam kelainan pada tulang dan otot manusia serta cara menjaga kesehatan organ-organ tersebut, kalian perlu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tulang dan otot kalian tetap sehat.
Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari ini, yuk kita menyanyikan lagu daerah! kita menyanyikan lagu "gundul-gundul pacul". Ada yang tahu lagu tersebut berasal dari daerah mana? iya betul sekali, lagu gundul-gundul pacul berasal dari daerah Jawa Tengah. Untuk menyanyikan kalian klik tombol di bawah ya!


Bagaiamana lagunya? Bagus bukan? Kalian hafalkan ya! Agar lagu-lagu daerah tetap lestari dan tak lekang dimakan oleh zaman.
Untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini, kita berdoa bersama-sama agar apa yang anak-anak pelajari bermanfaat. untuk yang beragama islam baca doa di bawah ya!

Silahkan download materi disini
Silahkan download evaluasi disini atau DI SINI atau DI SINI
Print Friendly and PDF

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel