Tema 1 Subtema 2 Pertemuan 1
25 Juli 2020
Edit
KEGIATAN AWAL
Assalamu'alaikum anak-anak..
Selamat pagi! Apa kabar semua? Semoga sehat selalu yaa..
1. Sebelum belajar, mari kita berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing. Bagi yang beragama Islam baca doa di bawah ini ya!
2. Walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah, kalian harus tetap jaga kesehatan ya, untuk mencegah penyebaran Covid-19!
3. Sebelum masuk ke materi, Ayo nyanyikan dulu lagu Indonesia Raya dengan semangat
KEGIATAN INTI
Tujuan Pembelajaran
Setelah memanfaatkan media pembelajaran daring ini, diharapkan:
- Siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila secara tepat.
- Siswa dapat menyajikan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan percaya diri.
- Siswa dapat menentukan ide pokok dari bacaan secara tepat.
- Siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
Materi Pembelajaran
Gambar keragaman budaya Indonesia
Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak keragaman, salah
satunya agama. Masih ingat ada berapa agama yang dianut di Indonesia? Ya, ada
enam agama yang dianut di Indonesia diantaranya yaitu Islam, Kristen Katolik,
Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keberagaman yang dimiliki Bangsa
Indonesia tersebut tentunya tidak terlepas dari pengaruh luasnya wilayah
Indonesia. Meskipun demikian, keberagaman ini bukanlah menjadi pemecah, justru
menjadi pemersatu bangsa dengan berlandaskan Pancasila.
Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang
berbeda satu sama lain. Secara singkat nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila
yakni nilai keagamaan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial
yang menyangkut hidup bangsa.
Yuk, kita simak dulu video berikut
ini!
Setelah kamu menonton videonya, kamu sudah bisa membandingkan
nilai-nilai luhur yang ada dalam setiap sila Pancasila bukan?
Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa
Indonesia, maka dari itu perilaku dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan
nilai-nilai luhur Pancasila. Meskipun demikian, sering kita jumpai dalam
kehidupan sehari-hari perilaku orang-orang sekitar kita yang tidak mencerminkan
nilai-nilai Pancasila.
Contoh perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sebagai berikut.
Lingkungan
|
Perilaku
yang tidak sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila
|
Sekolah
|
· Memilih
teman hanya yang kaya saja
· Tidak
mau meminjamkan peralatan sekolahkepada teman.
· Menyontek
· Berkelahi
· Tidak
mau mengikuti upacara bendera
· Mengejek
teman
|
Rumah
|
· Tidak
melaksanakan ibadah sesuai denganagamanya
· Tidak
mau berbagi makanan dengananggota keluarga yang lain
· Bermalas-malasan
· Membantah
orang tua
· Memaksakan
kehendak kepada anggotakeluarga
· Berbohong
|
Masyarakat
|
· Tidak
mau menjenguk tetangganya yangsakit
· Melarang
orang lain melakukan peribadahan sesuai dengan agamanya
· Minum-minuman
keras dan berjudi
· Tidak
mau mengikuti kegiatan kerja bakti,ronda, dan rapat lingkungan
· Suka
pamer kekayaan
· Mencuri
· Menganiaya
teman
· Melakukan
kekerasan
|
Setiap perbuatan yang kita lakukan haruslah bisa
dipertanggungjawabkan, baik kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun
Tuhan Yang Maha Esa. Dan kita pun juga harus siap menerima akibat dari setiap
perbuatan yang kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga
perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari agar sesuai dengan nilai-nilai luhur
yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Kita
beralih ke Bahasa Indonesia yaa.
Pada
pembelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari tentang ide pokok dan kalimat pengembang.
Masih
ingatkah kalian apa pengertian dari ide pokok?
Ide
pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok
terdapat di dalam kalimat utama.
Sekarang kita akan mencoba mencari ide pokok
dari bacaan berikut.
Bersepeda
Bersepeda merupakan
kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai
alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang
memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain.
Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak
sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat
menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.
Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot
tubuh. Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang
yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan
paha saja. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir
melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan
paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang,
pinggul, dan lengan.
Coba kita ingat-ingat lagi, bagaimana
cara menentukan ide pokok? Untuk menentukan ide pokok salah satu caranya yaitu
dengan mengambil kalimat utama. Kalimat utama bisa menjadi ide pokok, tetapi
ide pokok belum tentu kalimat utama.
Yuk, coba kita belajar menentukan ide pokok dari bacaan di atas. Perhatikan tabel di bawah ini!
Paragraf
|
Ide Pokok
|
1
|
Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus
menyehatkan.
|
2
|
Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.
|
Mudah bukan? Jika belum paham coba dibaca lagi pelan-pelan ya. Kemudian kalian bisa mencoba paragraf selanjutnya yang ada di buku siswa tema 1 halaman 58-59.
Setelah menentukan ide
pokok, sekarang kita akan berlatih mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
secara runtut. Bagaimana caranya? Pertama, kalian harus bisa membedakan antara
ide pokok dan kalimat pengembangnya. Ide pokok adalah gagasan yang menjadi
dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf. Sedangkan kalimat pengembang merupakan
kalimat yang menerangkan atau menjelaskan lebih lanjut dari ide pokok.
Sekarang kita coba
mengembangkan dari ide pokok yang ada menjadi sebuah paragraf.
Itulah contoh cara mengembangkan ide
pokok menjadi sebuah paragraf. Ingat! Satu ide pokok hanya dapat dibuat satu
paragraf. Untuk mengembangkan menjadi paragraf, kamu bisa menulis beberapa
kalimat yang berisi informasi-informasi tambahan untuk mendukung kalimat utama
yang telah dibuat.
Agar lebih paham, kamu bisa mencoba melanjutkan
mengembangkan ide pokok dari ide pokok yang ada di buku siswa tema 1 halaman
61-62. Kemudian tanyakan kepada gurumu, apakah hasil pekerjaanmu sudah benar
atau belum. Semangat!
PENUTUP
Sampai di
sini dulu belajar kita hari ini. Sebelum ditutup, mari kita lestarikan budaya daerah
kita dengan menyanyikan lagu Cublek-Cublek Suweng dari Jawa Tengah!
Dan sebelum pulang, mari kita tutup pembelajaran daring hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Semoga ilmu hari ini bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb
SUMBER
Buku Siswa Kelas V Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Untuk download materi ini klik di sini