Tema 1 Subtema 2 Pertemuan 1


KEGIATAN AWAL
Assalamu'alaikum anak-anak..
Selamat pagi! Apa kabar semua? Semoga sehat selalu yaa..
1.   Sebelum belajar, mari kita berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Bagi yang beragama Islam baca doa di bawah ini ya!



2.  Walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah, kalian harus tetap jaga kesehatan ya, untuk mencegah penyebaran Covid-19!


        
3.  Sebelum masuk ke materi, Ayo nyanyikan dulu lagu Indonesia Raya dengan semangat 


KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran
Setelah memanfaatkan media pembelajaran daring ini, diharapkan:
  1. Siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila secara tepat.
  2. Siswa dapat menyajikan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan percaya diri.
  3. Siswa dapat menentukan ide pokok dari bacaan secara tepat.
  4. Siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
Materi Pembelajaran

Gambar keragaman budaya Indonesia

Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak keragaman, salah satunya agama. Masih ingat ada berapa agama yang dianut di Indonesia? Ya, ada enam agama yang dianut di Indonesia diantaranya yaitu Islam, Kristen Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keberagaman yang dimiliki Bangsa Indonesia tersebut tentunya tidak terlepas dari pengaruh luasnya wilayah Indonesia. Meskipun demikian, keberagaman ini bukanlah menjadi pemecah, justru menjadi pemersatu bangsa dengan berlandaskan Pancasila.
Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Secara singkat nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila yakni nilai keagamaan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial yang menyangkut hidup bangsa.


Yuk, kita simak dulu video berikut ini!

Setelah kamu menonton videonya, kamu sudah bisa membandingkan nilai-nilai luhur yang ada dalam setiap sila Pancasila bukan?
Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, maka dari itu perilaku dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. Meskipun demikian, sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari perilaku orang-orang sekitar kita yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Contoh perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sebagai berikut.
Lingkungan
Perilaku yang tidak sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila
Sekolah
·      Memilih teman hanya yang kaya saja
·      Tidak mau meminjamkan peralatan sekolahkepada teman.
·      Menyontek
·      Berkelahi
·      Tidak mau mengikuti upacara bendera
·      Mengejek teman
Rumah
·      Tidak melaksanakan ibadah sesuai denganagamanya
·      Tidak mau berbagi makanan dengananggota keluarga yang lain
·      Bermalas-malasan
·      Membantah orang tua
·      Memaksakan kehendak kepada anggotakeluarga
·      Berbohong
Masyarakat
·     Tidak mau menjenguk tetangganya yangsakit
· Melarang orang lain melakukan peribadahan sesuai dengan agamanya
·      Minum-minuman keras dan berjudi
· Tidak mau mengikuti kegiatan kerja bakti,ronda, dan rapat lingkungan
·      Suka pamer kekayaan
·      Mencuri
·      Menganiaya teman
·      Melakukan kekerasan
Setiap perbuatan yang kita lakukan haruslah bisa dipertanggungjawabkan, baik kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun Tuhan Yang Maha Esa. Dan kita pun juga harus siap menerima akibat dari setiap perbuatan yang kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari agar sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila

Kita beralih ke Bahasa Indonesia yaa.
Pada pembelajaran sebelumnya, kita telah mempelajari tentang ide pokok dan kalimat pengembang.
Masih ingatkah kalian apa pengertian dari ide pokok?
Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok terdapat di dalam kalimat utama. 
Sekarang kita akan mencoba mencari ide pokok dari bacaan berikut.

Bersepeda
       Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai alat transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menimbulkan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.
Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh. Bersepeda tidak hanya melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda hanya dapat mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan latihan fisik yang hampir melibatkan setiap bagian tubuh. Selain memperkuat otot-otot bagian kaki dan paha, bersepeda secara rutin juga akan mengencangkan otot-otot bagian belakang, pinggul, dan lengan.
Coba kita ingat-ingat lagi, bagaimana cara menentukan ide pokok? Untuk menentukan ide pokok salah satu caranya yaitu dengan mengambil kalimat utama. Kalimat utama bisa menjadi ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat utama. 
Yuk, coba kita belajar menentukan ide pokok dari bacaan di atas. Perhatikan tabel di bawah ini!
Paragraf
Ide Pokok
1
Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.
2
Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.
Mudah bukan? Jika belum paham coba dibaca lagi pelan-pelan ya. Kemudian kalian bisa mencoba paragraf selanjutnya yang ada di buku siswa tema 1 halaman 58-59.
Setelah menentukan ide pokok, sekarang kita akan berlatih mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut. Bagaimana caranya? Pertama, kalian harus bisa membedakan antara ide pokok dan kalimat pengembangnya. Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf. Sedangkan kalimat pengembang merupakan kalimat yang menerangkan atau menjelaskan lebih lanjut dari ide pokok.
Sekarang kita coba mengembangkan dari ide pokok yang ada menjadi sebuah paragraf.
Itulah contoh cara mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf. Ingat! Satu ide pokok hanya dapat dibuat satu paragraf. Untuk mengembangkan menjadi paragraf, kamu bisa menulis beberapa kalimat yang berisi informasi-informasi tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah dibuat.
Agar lebih paham, kamu bisa mencoba melanjutkan mengembangkan ide pokok dari ide pokok yang ada di buku siswa tema 1 halaman 61-62. Kemudian tanyakan kepada gurumu, apakah hasil pekerjaanmu sudah benar atau belum. Semangat!
PENUTUP
Sampai di sini dulu belajar kita hari ini. Sebelum ditutup, mari kita lestarikan budaya daerah kita dengan menyanyikan lagu Cublek-Cublek Suweng dari Jawa Tengah!

Dan sebelum pulang, mari kita tutup pembelajaran daring hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.




Semoga ilmu hari ini bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb

SUMBER
Buku Siswa Kelas V Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Untuk download materi ini klik di sini
Print Friendly and PDF

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel