Tema 5 Subtema 1 Pertemuan 3

PENDAHULUAN

Assalamualaikum

Selamat pagi anak anak Indonesia yang cerdas dan berkarakter!

Apa kabar???

Mari berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing!

 Supaya belajar lebih semangat, Ayo nyanyikan lagu nasional “Tanah Airku”



Apa yang akan kita pelajari hari ini? Berikut tujuan pembelajaran kita hari ini.

TUJUAN PEMBELAJARAN

MUATAN IPS

1.      Siswa mampu mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta secara benar.                                      2.    Siswa mampu mengenal kondisi geografis Indonesia melalui peta.

MUATAN SBDP

1.      Siswa mampu mengenal perbedaan tangga nada mayor dan minor secara benar.

Ayo kita mulai!

MATERI PEMBELAJARAN

MUATAN IPS

Pernahkah kalian pergi ke Raja Ampat dan Gunung Bromo? Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan Gunung Bromo di Jawa Timur merupakan dua tempat yang banyak dikunjungi wisatawan karena menyajikan keindahan alam yang memesona. Negara Indonesia memiliki banyak pemandangan alam yang sangat indah, salah satunya adalah keindahan pemandangan laut. Terdapat banyak sekali pantai yang indah dan pemandangan bawah laut yang mengagumkan karena negara kita merupakan negara kepulauan. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan negara kepulauan?

Mari membaca dengan saksama bacaan berikut ini.

Mengenal Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.  Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.  Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil  yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.  Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.  
Ayo Mengamati!

Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau.  Oleh karena itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia memiliki lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi dapat menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan. Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan.  Adanya dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.


MUATAN SBDP

Masih ingatkah kalian tentang tangga nada mayor dan minor pada pembelajaran sebelumnya? Apa perbedaan lagu bertangga nada mayor dan lagu bertangga nada minor? 

Ayo membaca!

Lagu “Gugur Bunga” termasuk lagu bertangga nada diatonis minor. Tahukah kamu ciri-ciri lagu bertangga nada diatonis minor?


Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 ½ 1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam. Salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

1.      Lagu bersifat sedih.

2.      Lagu kurang bersemangat.

3.   Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6. Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 dan diakhiri nada 6.

Siapkan alat musik sederhana, misalnya pianika atau alat musik lain yang ada di daerahmu. Cobalah mainkan lagu “Gugur Bunga” dengan menggunakan alat musik yang ada dirumahmu.

Apa perbedaan lagu bertangga nada mayor dan lagu bertangga nada minor?

Perbedaannya yaitu tangga nada mayor adalah salah satu tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berturutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½.

Sedangkan tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik. Tangga nada ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berturutan dalam tangga nada minor (asli) adalah: 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.



PENUTUP

Sekian pembelajaran kita hari ini tentang letak geografis Indonesia serta perbedaan tangga nada mayor dan minor. Terimakasih.

Jangan lupa membaca doa setelah belajar ya. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat.

Untuk EVALUASI dapat diunduh DISINI atau DI SINI atau DI SINI

Untuk MATERI dapat diunduh DISINI


Sumber :

Buku Siswa Kelas 5 Revisi 2017

Buku Guru Kelas 5 Revisi 2017


baca juga :

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 5 Subtema 1 Pertemuan 3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel