Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 3

 

Selamat pagi, semangat pagi, semoga kita selalu sehat! Aamiin.

Jumpa kembali dalam pembelajaran jarak jauh, kali ini kita melanjutkan Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 3. Di pertemuan kali ini kita akan belajar tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim (IPS) dan properti tari daerah (SBdP).

Sebelum belajar, seperti biasa, kita berdoa dulu. Silahkan berdoa menurut agama masing-masing. Bagi yang beragama Islam, bacalah doa berikut!

Sudahkah kamu bersyukur hari ini? Nah, kita ungkapkan syukur melalui lagu yuk!

Selanjutnya, siapkan buku dan alat tulisnya serta duduklah di tempat yang nyaman dan sesuai dengan anjuran kesehatan, tidak membungkuk ke depan, ke belakang, atau ke samping ya!

TUJUAN PEMBELAJARAN:

  • menghubungkan kondisi daerah dengan kegiatan ekonomi di daerahnya
  • mencari informasi tambahan mengenai tarian daerah lain di Nusantara


MATERI 1

Ketampakan alam yang ada di Indonesia tentu memengaruhi cara masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kehidupannya. berbagai upaya dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya tersebut. Masyarakat petani di Bali menggunakan subak untuk membantu ketersediaan air sehingga terjamin usaha pertaniannya. Subak merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi di persawahan. Masyarakat petani Brebes memanfaatkan daerahnya sebagai penghasil bawang merah nasional. Masyarakat nelayan di Banyuwangi memanfaatkan hasil ikannya untuk diolah menjadi sarden yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setap daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan usaha untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang dasar 1945.


MATERI 2

Kehidupan masyarakat Indonesia dan alam sekitarnya sering dituangkan dalam tarian. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Tari Caping Ngancak (Lamongan, Jawa Timur), menceritakan tentang kehidupan petani, mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi. Properti yang digunakan adalah caping bambu berbentuk kerucut.
  • Tari Alang Babega (Minangkabau, Sumatera Barat), menggambarkan burung elang yang terbang, mengepakkan sayap, mencari mangsa, dan menukik.
  • Tari Payung (Minangkabau, Sumatera Barat), menceritakan tentang pergaulan muda-mudi. Properti yang digunakan adalah payung.
  • Tari Turuk Langgai (Pulau Nias, Sumatera Utara), menggambarkan aneka gerak hewan seperti unggas, kelinci, dan monyet dengan tujuan memberikan penghiburan kepada si sakit agar segera sembuh. Properti yang digunakan adalah hiasan kepala berupa manik-manik dan bulu unggas dan tangkai daun.
Beberapa tarian menggunakan properti lebih dari satu jenis. Properti adalah benda-benda yang digunakan sebagai alat pelengkap tarian. Manfaat properti dalam tarian sebagai berikut:
  • sebagai media penyampaian pesan tarian
  • memperjelas karakter tarian
  • memperindah tarian

Nah, bagaimana pembelajarannya? Menarik ya! Setelah ini, kamu harus mengerjakan evaluasi untuk mengukur sejauh mana pemahamanmu terhadap pembelajaran ini. Jika nilaimu belum memuaskan, jangan menyerah untuk terus belajar ya!

Materi dapat diunduh DI SINI
Soal Evaluasi dapat diunduh DI SINI atau DI SINI atau DI SINI

Sebelum mengakhiri pembelajaran, mari kita kuatkan persatuan Indonesia melalui lagu daerah. Tebak, dari daerah manakah lagu berikut? (Hanya anak hebat yang bisa jawab)
Akhirnya selesai pembelajaran pada pertemuan kali ini. Mari kita akhiri dengan berdoa menurut agama masing-masing! Bagi yang beragama Islam, ucapkan hamdalah.

Sumber:
Video 1: https://www.youtube.com/watch?v=o8_EXyePBoA
Video 2: https://www.youtube.com/watch?v=j1xNsZ--5VA

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel