Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 1

KEGIATAN AWAL

Sebelum kita memulai pembelajaran kita awali dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaanya masing-masing ya! Untuk kalian yang beragama Islam baca doa di bawah ya!

 

Setelah kalian berdoa kita lanjutkan dengan menyayikan Lagu Indonesia Raya yang di ciptakan oleh WR. Supratman, lagu ini adalah lagu kebangsaan yang harus kita jaga untuk memupuk rasa cinta tanah air.

 


KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran

  • Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan dengan tepat.
  • Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
  • Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi Pembelajaran


Rantai Makanan

Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.

Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.

Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.

Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur

Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Pokok pikiran atau ide pokok terdapat pada setiap paragraf. Pokok pikiran terletak pada kalimat utama. kalimat utama merupakan gagasan pokok suatu paragraf. kalimat utama dapat diletakkan pada awal paragraf, akhir paragraf atau tengah paragraf. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.


Paragraf

Pokok Pikiran

Pertama

Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup

Kedua

 

 

Ketiga

 

 

Keempat

 

 

Ada banyak alasan bagi masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan. Oleh karena negara kita memiliki banyak sumber daya alam yang dapat meningkatkan kemakmuran rakyat. Masayarakat yang adil dan makmur merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa kita. Dengan menjaga, memelihara dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, masyarakat adil dan makmur pasti tercapai

Bacalah bacaan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh alasan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.



Bersatu untuk Indonesia Makmur

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan usaha untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945. Persatuan dan kesatuan mutlak diperlukan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap daerah bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat daerah tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap usaha pengelolaan sumber daya dan hasil bumi adalah untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Berdasarkan bacaan di atas jawablah pertanyaan di bawah ini!
  1. Apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi?
  2. Hal-hal apa saja yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan?
  3. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda!
  4. Sebutkan sikap-sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa!

KEGIATAN AKHIR

Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari ini, yuk kita menyanyikan lagu daerah! kita menyanyikan lagu "Apuse". ada yang tahu lagu tersebut berasal dari daerah mana? iya betul sekali, lagu "Apuse" berasal dari daerah Papua. Untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu tersebut kalian klik tombol di bawah ya!



Bagaiamana lagunya? bagus bukan? kalian hafalkan ya! agar lagu-lagu daerah tetap lestari dan tak lekang dimakan oleh zaman.

Untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini, kita berdoa bersama-sama agar apa yang anak-anak pelajari bermanfaat. untuk yang beragama islam baca doa  di bawah ya!

 Download materi disini
untuk evaluasi silahkan klik disini atau di sini atau di sini

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 1"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel