Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 1
KEGIATAN INTI
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan dengan tepat.
- Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
- Memahami manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar.
Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur
Setiap bacaan, tentunya memiliki ide pokok yang tertuang dalam pokok pikiran. Dengan mengetahui pokok pikiran yang ada, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi-informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Pokok pikiran atau ide pokok terdapat pada setiap paragraf. Pokok pikiran terletak pada kalimat utama. kalimat utama merupakan gagasan pokok suatu paragraf. kalimat utama dapat diletakkan pada awal paragraf, akhir paragraf atau tengah paragraf. Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf.
Paragraf |
Pokok Pikiran |
Pertama |
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup |
Kedua |
|
Ketiga |
|
Keempat |
|
Ada banyak alasan bagi masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan. Oleh karena negara kita memiliki banyak sumber daya alam yang dapat meningkatkan kemakmuran rakyat. Masayarakat yang adil dan makmur merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa kita. Dengan menjaga, memelihara dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, masyarakat adil dan makmur pasti tercapai
Bacalah bacaan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh alasan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
- Apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi?
- Hal-hal apa saja yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan?
- Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda!
- Sebutkan sikap-sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa!
KEGIATAN AKHIR
Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari ini, yuk kita menyanyikan lagu daerah! kita menyanyikan lagu "Apuse". ada yang tahu lagu tersebut berasal dari daerah mana? iya betul sekali, lagu "Apuse" berasal dari daerah Papua. Untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu tersebut kalian klik tombol di bawah ya!
Bagaiamana lagunya? bagus bukan? kalian hafalkan ya! agar lagu-lagu daerah tetap lestari dan tak lekang dimakan oleh zaman.
Untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini, kita berdoa bersama-sama agar apa yang anak-anak pelajari bermanfaat. untuk yang beragama islam baca doa di bawah ya!
0 Response to "Tema 5 Subtema 2 Pertemuan 1"
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini