Tema 1 Subtema 1 Pertemuan 2

Selamat pagi semua! Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat ya! Jika ada yang sakit, kita doakan semoga lekas sembuh. Aamiin.
Sebelum pembelajaran mari kita berdoa menurut agama masing-masing. Jangan lupa doakan juga agar pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat bertatap muka kembali di kelas.

Selanjutnya, sebagai bentuk nasionalisme terhadap tanah air tercinta, kita nyanyikan lagu "Tanah Airku"! (Silahkan klik videonya!)


Siapa yang pernah mengamati kelinci? Bagaimana kelinci itu dapat bergerak dan berpindah tempat? Yuk, kita pelajari bersama!

Pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari tentang organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata serta fungsinya. Dengan mempelajari tentang organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata serta fungsinya, kalian diharapkan dapat menjelaskan tentang organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata serta fungsinya.

Organ Gerak pada Hewan Vertebrata
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Makhluk hidup bergerak menggunakan organ gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan, ada dua macam, yaitu alat gerak pasif (tulang) dan alat gerak aktif (otot). Keduanya bekerja sama membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya, sedangkan otot dapat bergerak karena memiliki senyawa kimia.

Bagaimana seekor kelinci bergerak? Kelinci memiliki kaki untuk dapat bergerak dan berpindah tempat.
Perhatikan gambar organ gerak pada kelinci berikut!
Kelinci termasuk binatang mamalia. Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang.

Nah, setelah kita mengetahui organ gerak pada kelinci dan fungsinya, selanjutnya kita identifikasi organ gerak hewan vertebrata lainnya dan fungsinya juga, seperti: ikan, katak, burung, ular, kadal, dan kambing. Ikan memiliki sirip untuk menjaga keseimbangan tubuhnya saat bergerak. Katak dapat melompat dan berenang menggunakan kakinya. Burung terbang menggunakan sayapnya. Ular bergerak menggunakan tulang belakangnya. Kadal dapat berjalan dan memanjat pohon menggunakan kakinya. Kambing dapat berjalan dan berlari menggunakan kakinya.

Organ Gerak pada Hewan Avertebrata
Lalu, bagaimana organ gerak pada hewan yang habitatnya di air? Tentu saja berbeda. Ikan hidup di air. Bentuk tubuhnya yang seperti rudal berfungsi untuk mengurangi hambatan di air. Ekor dan siripnya berfungsi untuk mendorong gerakan di dalam air. Menarik ya! Begitulah organ gerak pada hewan vertebrata. Jika ada hal lain yang ingin diketahui, dapat bertanya kepada guru kalian.

Sekarang, kita pelajari organ gerak pada hewan avertebrata (tidak memiliki tulang belakang). Ciri-ciri hewan avertebrata antara lain: tidak memiliki tulang belakang, susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.
Perhatikan organ gerak siput berikut!
Siput menggunakan kaki perut untuk bergerak dan berpindah tempat. Bagaimana dengan belalang, cacing, ubur-ubur, dan kupu-kupu? Belalang dapat terbang menggunakan sayapnya. Cacing bergerak menggunakan otot tubuhnya. Organ gerak pada ubur-ubur adalah tentakel yang berfungsi untuk menggerakkan tubuhnya. Kupu-kupu sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang dapat terbang. Kupu-kupu terbang menggunakan sayapnya.

Tugas yang harus diselesaikan:
Isilah tabel berikut, kemudian laporkan kepada gurumu untuk mendapatkan nilai!
No.
Nama Hewan
Nama Organ Gerak
Fungsinya
1.
Kelinci
kaki
melompat, berlari
2.
Ikan


3.
Katak


4.
Burung


5.
Ular


6.
Kadal


7.
Kambing


8.
Belalang


9.
Cacing


10.
Ubur-ubur


Sangat menarik mempelajari organ tubuh hewan vertebrata dan avertebrata ya!. Selanjutnya, kalian akan mengerjakan soal-soal evaluasi pada pertemuan 3.

Pertemuan kali ini kita akhiri sampai di sini, tetapi sebelumnya mari kita menyanyi lagu "Padhang Bulan" dari Jawa Tengah. (Silahkan klik videonya!)


Sekarang kita akhiri pertemuan dengan berdoa menurut agama masing-masing.  Berdoa dimulai!

Tetap semangat ya! Jika ada kesulitan, jangan sungkan bertanya kepada gurumu! Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

Sumber:
Video 1: https://www.youtube.com/watch?v=jJfapGDLW5k
Video 2: https://www.youtube.com/watch?v=H6jM9sf8_1E

Download Materi silakan klik di sini 
Soal dapat didownload di sini atau di sini atau di sini


Print Friendly and PDF

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel