Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 3

KEGIATAN AWAL

Sebelum kita memulai pembelajaran kita awali dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaanya masing-masing ya! Untuk kalian yang beragama Islam baca doa di bawah ya!

 

Setelah kalian berdoa kita lanjutkan dengan menyayikan Lagu Indonesia Raya yang di ciptakan oleh WR. Supratman, lagu ini adalah lagu kebangsaan yang harus kita jaga untuk memupuk rasa cinta tanah air.

 


KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat mengidentifikasi properti tari beserta asal daerahnya.
  • Siswa dapat menjelaskan peranan properti tari dalam sebuah tarian
  • Dengan mengamati gambar, siswa mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya.

Materi Pembelajaran

Sebelum pembelajaran, simaklah video di berikut ini!


Bagaimana tanggapan kalian dengan video tarian di atas anak-anak? menarik sekali ya? Tahukan kamu apa yang menarik dari tarian daerah? Ada banyak tarian daerah di Indonesia. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi dan ini tercermin dari tarian daerah yang dimilikinya.

Gerakan-gerakan setiap tarian daerah bisa jadi sama, tetapi ada pula yang berbeda. Makna yang terkandung berbeda-beda pula. Ada tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Mereka menggunakan properti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji-bijian di dalam wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya.

Di Kalimantan juga terdapat tarian perang atau yang dikenal dengan Tari Kancet Papatai yang menggunakan properti berupa mandau, perisai, dan baju perang. Properti dalam sebuah tarian daerah memegang peranan yang amat penting. Properti tari merupakan bagian dari perlengkapan tari yang dipergunakan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian.

Buatlah dalam selembar kertas A4 dan dekorasi dengan rapi! Kamu dapat juga mencari gambar tari yang sesuai untuk memperlihatkan keanekaragaman properti tari yang dimiliki oleh tarian daerah tersebut. Kerjakan seperti contoh di bawah ini ya !


Nama Tarian

Asal Daerah

Properti Tari

Tari Reog

Ponorogo

Topeng reog

Tari Jaipong

Jawa Barat

Selendang

Tari Baksa Kembang

Kalimantan Selatan

Rangkaian Bunga

Tari Kuda Lumping

…….

…….

Tari Merak

…….

……

Tari Topeng

…….

…..

Tari Serampang Duabelas

…….

…….


Setelah kalian selesai membuat tabel di atas jangan lupa untuk di foto hasil pekerjaan kalian! Kegiatan selanjutnya yaitu kalian amati gambar di bawah ini ya!


    
Tentunya kalian pernah pergi ke pasar, walaupun hanya mengikuti orang tua kalian saat berbelanja. Dari gambar yang kalian amati, cobalah jawab pertanyaan berikut ini!
  1. Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?
  2. Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?
  3. Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?
  4. Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar?

Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di atas!


JENIS AKTIVITAS

PELAKU AKTIVITAS

Jual Beli

Penjual dan Pembeli

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Wah ternyata terdapat beragam aktivitas di sebuah pasar ya? ada aktivitas jual beli dan juga tawar menawar. Tawar menawar adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan antara penjual dan pembeli untuk menentukan harga yang disepakati. Kegiatan tawar menawar biasanya kita jumpai pada pasar tradisional. sedangkan dalam pasar modern pembeli tidak dapat menawar barang daganganya. Dalam kegiatan transaksi jual beli, penjual maupun pembeli akan melakukan hubungan sosial yang dipengaruhi oleh konteks sosial budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. 

Nah kegiatan berikutnya yaitu peragaan tari kancet papatai, kalian juga bisa loh memperagakan tarian tersebut. tarian ini gerakanya juga sangat sederhana. kalian bisa menonton lagi video di atas tentang tari kancet papatai. untuk memudahkankan bisa juga dengan membaca panduanya di bawah ini
  1. Melompat-lompat kecil sambil berputar dengan tangan yang satu seakan memegang pedang dan yang satunya lagi seakan memegang tameng.
  2. Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan menghunuskan pedang, kemudian kedua tangan bertemu.
  3. Kedua kaki dilebarkan dan kedua tangan membuka dan menutup.
  4. Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara bergantian berputar
Mintalah bantuan kakak/adik/orang tuamu untuk merekam gerakan tarian kamu ya!


KEGIATAN AKHIR

Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari ini, yuk kita menyanyikan lagu daerah! kita menyanyikan lagu "Suwe Ora Jamu". ada yang tahu lagu tersebut berasal dari daerah mana? iya betul sekali, lagu Suwe Ora Jamu berasal dari daerah Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. Untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu tersebut kalian klik tombol di bawah ya!


Bagaiamana lagunya? bagus bukan? kalian hafalkan ya! agar lagu-lagu daerah tetap lestari dan tak lekang dimakan oleh zaman.

Untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini, kita berdoa bersama-sama agar apa yang anak-anak pelajari bermanfaat. untuk yang beragama islam baca doa di bawah ya!




Download materi disini
Download Soal Evaluasi disini

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel