Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 3
KEGIATAN INTI
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi properti tari beserta asal daerahnya.
- Siswa dapat menjelaskan peranan properti tari dalam sebuah tarian
- Dengan mengamati gambar, siswa mengidentifikasikan aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya.
Sebelum pembelajaran, simaklah video di berikut ini!
Bagaimana tanggapan kalian dengan video tarian di atas anak-anak? menarik sekali ya? Tahukan kamu apa yang menarik dari tarian daerah? Ada banyak tarian daerah di Indonesia. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi dan ini tercermin dari tarian daerah yang dimilikinya.
Gerakan-gerakan setiap tarian daerah bisa jadi sama, tetapi ada pula yang berbeda. Makna yang terkandung berbeda-beda pula. Ada tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi. Mereka menggunakan properti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji-bijian di dalam wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya.
Di Kalimantan juga terdapat tarian perang atau yang dikenal dengan Tari Kancet Papatai yang menggunakan properti berupa mandau, perisai, dan baju perang. Properti dalam sebuah tarian daerah memegang peranan yang amat penting. Properti tari merupakan bagian dari perlengkapan tari yang dipergunakan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian.
Buatlah dalam selembar kertas A4 dan dekorasi dengan rapi! Kamu dapat juga mencari gambar tari yang sesuai untuk memperlihatkan keanekaragaman properti tari yang dimiliki oleh tarian daerah tersebut. Kerjakan seperti contoh di bawah ini ya !
Nama Tarian |
Asal Daerah |
Properti Tari |
Tari Reog |
Ponorogo |
Topeng reog |
Tari Jaipong |
Jawa Barat |
Selendang |
Tari Baksa Kembang |
Kalimantan Selatan |
Rangkaian Bunga |
Tari Kuda Lumping |
……. |
……. |
Tari Merak |
……. |
…… |
Tari Topeng |
……. |
….. |
Tari Serampang Duabelas |
……. |
……. |
Setelah kalian selesai membuat tabel di atas jangan lupa untuk di foto hasil pekerjaan kalian! Kegiatan selanjutnya yaitu kalian amati gambar di bawah ini ya!
- Apa sajakah yang dapat kamu temui di pasar?
- Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?
- Aktivitas apa saja yang dapat ditemukan pada gambar di atas?
- Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di pasar?
Lengkapi tabel berikut ini berdasarkan hasil pengamatanmu terhadap gambar pasar di atas!
JENIS AKTIVITAS |
PELAKU AKTIVITAS |
Jual Beli |
Penjual dan Pembeli |
|
|
|
|
|
|
- Melompat-lompat kecil sambil berputar dengan tangan yang satu seakan memegang pedang dan yang satunya lagi seakan memegang tameng.
- Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan menghunuskan pedang, kemudian kedua tangan bertemu.
- Kedua kaki dilebarkan dan kedua tangan membuka dan menutup.
- Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara bergantian berputar
KEGIATAN AKHIR
Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari ini, yuk kita menyanyikan lagu daerah! kita menyanyikan lagu "Suwe Ora Jamu". ada yang tahu lagu tersebut berasal dari daerah mana? iya betul sekali, lagu Suwe Ora Jamu berasal dari daerah Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. Untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu tersebut kalian klik tombol di bawah ya!
Bagaiamana lagunya? bagus bukan? kalian hafalkan ya! agar lagu-lagu daerah tetap lestari dan tak lekang dimakan oleh zaman.
Untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini, kita berdoa bersama-sama agar apa yang anak-anak pelajari bermanfaat. untuk yang beragama islam baca doa di bawah ya!
0 Response to "Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 3"
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini