Tema 4 Subtema 1 Pertemuan 2

KEGIATAN AWAL

1. Berdoa. Bagi yang beragama Islam mari kita baca doa dulu !   

2. Sebagai penyemangat mari kita nyanyikan lagu Maju Tak Gentar, diklik play yuk..


3. Agar tambah semangat yuk menyanyi 'Mars PPK' 


KEGIATAN INTI

Pada pembelajaran kali ini diharapkan kalian mampu :
1. menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia secara rinci.
2. menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan secara rinci.


Materi 

IPA

Sistem Peredaran Darah Manusia

Darah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh.Organ tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh terdiri atas:







Organ peredaran darah manusia

1. Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian sehingga jantung berdenyut, mengembang dan mengempis.


2. Pembuluh darah


Gb.3 Pembuluh darah dalam tubuh manusia (vena = merah / arteri = biru)

3. Paru-paru


Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah manusia dibedakan menjadi dua, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.


1.     Peredaran darah kecil, di mana peredaran darah berlangsung dari jantung menuju paru-paru, kemudian kembali lagi kejantung. Darah yang menuju paru-paru mengandung  karbon dioksida, sedangkan darah yang kembali ke jantung mengandung banyak oksigen.

2.     Peredaran darah besar, di mana peredaran darah berlangsung dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.

Dengan mencermati proses peredaran darah, dapat disimpulkan bahwa kerja bilik jantung lebih berat daripada bagian serambi jantung, Oleh karena itu, dinding jantung pada bagian bilik lebih tebal daripada  bagian serambi  karena kerja bilik lebih berat yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.

 

Sistem Peredaran Darah Hewan

Secara umum peredaran darah pada hewan dibagi atas dua bagian yaitu sistem peredaran darah terbuka dan peredaran darah tertutup.

A. Sistem Peredaran Darah pada Burung

Burung mempunyai dua sistem peredaran darah, yaitu sistem peredaran darah tertutup dan sistem peredaran darah ganda. Nah, darah yang mengalir melalui pembuluh darah inilah yang disebut sebagai sistem peredaran darah tertutup

B. Sistem Peredaran Darah pada Ikan

Sistem peredaran darah pada ikan, terdiri dari jantung beruang dua, yaitu sebuah bilik (ventrikel) dan sebuah serambi (atrium).  Jantung terletak di bawah faring di dalam rongga perikardium, yaitu bagian dari rongga tubuh yang terletak di anterior (muka). Selain itu, terdapat organ  sinus venosus, yaitu struktur penghubung berupa rongga yang menerima darah dari vena dan terbuka di ruang depan jantung.

Darah ikan tampak pucat dan volumenya relatif sedikit jika dibandingkan dengan vertebrata darat. Plasma darah mengandung sel darah merah yang berinti dan sel darah putih dan lien (limpa) sebagai bagian dari sistem peredaran, terdapat di dekat lambung dan dilengkapi dengan pembuluh pembuluh limpa.

Sistem Peredaran Darah Pada Ikan


C. Sistem Peredaran Darah pada Amphibi

Sistem peredaran darah pada amphibi, misalnya pada katak terdiri dari jantung beruang tiga, arteri, vena, sinus venosus, kelenjar limfa, dan cairan limfa. Darah katak tersusun dari plasma darah yang terang (cerah) dan berisi sel- sel darah (korpuskula) yakni sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan keeping sel darah.

Untuk lebih jelasnya, peredaram darah katak lebih mudah jika dipelajari

dengan bagan berikut:


D. Sistem Peredaran Darah pada Reptilia

Sistem peredaran darah pada reptilia lebih maju jika dibandingkan dengan sistem peredaran amfibi karena adanya pemisahan darah yang beroksigen dan tidak beroksigen dalam jantung. Jantung reptilia terletak di rongga dada di bagian depan ventral.

Proses sirkulasi pada reptilia


 


KEGIATAN AKHIR


Bagaimana materi pembelajaran hari ini ?. Menyenangkan bukan ?
Sebelum kita akhiri mari bernyanyi lagu daerah 'Cublak-Cublak Suweng'




Alhamdulillah pembelajaran hari ini telah selesai, sebelum berakhir mari kita berdoa terlebih dahulu  agar ilmu yang kita dapat hari ini dapat bermanfaat  .
 
Untuk soal evaluasi kalian klik disini ya
Silahkan Download materi disini

baca juga :

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 4 Subtema 1 Pertemuan 2"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel