Tema 4 Subtema 2 Pertemuan 3
KEGIATAN AWAL
Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi anak-anak, generasi hebat! bagaimana kabar kalian? Semoga sehat semua, dan tetap bersemangat belajar, walaupun belajarnya hanya di rumah. Baiklah anak-anak, kita mulai pelajarannya ya!
Mari kita awali belajar kita dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar hati kita dibukakan oleh Tuhan Yang Maha berilmu, dan dipahamkan dalam menyelami ilmu-Nya, sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi yang beragama Islam silakan baca doa berikut ini.
KEGIATAN INTI
1. Tujuan Pembelajaran
- mengidentifikasi berbagai properti tari sesuai gambar.
- memperagakan tari daerah dengan menggunakan properti.
- mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan.
- mengidentifikasi aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya.
2. Kegiatan Pembelajaran
Gambar 1 |
Gambar 2 |
Gambar 4 |
- Properti tari adalah segala kelengkapan dan peralatan yang digunakan untuk melakukan gerak tari dalam penampilan atau peragaan karya tari.
- Fungsi properti
untuk menambah nilai keindahan sekaligus sebagai media penyampaian pesan tarian.
- Properti dapat terbuat dari kain, kayu, besi, plastik, tembaga, atau kulit. Properti ada juga yang merupakan bagian dari busana dan aksesoris, seperti selendang, panah, dan keris.
- Contoh benda yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari sebagai berikut
- Kipas
- Topeng
- Selendang
- Payung
- Kuda lumping
- Piring
- Boneka
- Keris
- Sapu tangan
- Tombak
- Interaksi manusia dan lingkungan pada bacaan.Pak Damar memanfaatkan kayu untuk memproduksi sandal refleksi (interaksi manusia dengan lingkungan alam). Beliau juga memberdayakan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerjanya (interaksi lingkungan sosial).
- Pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan.a. Pemanfaatan hasil sebagai sumber daya alam untuk kebutuhan manusia.b. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.c. Terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.
- Manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya.a. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.b. Membuka lapangan pekerjaan baru.c. Memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sandal refleksi buatan Pak Damar.
- Usaha yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya.Pak Damar menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi pada lahan yang telah ia tebangi.
- Hubungan ketergantungan dalam bacaana. Pak Damar membutuhkan pasokan kayu dari pemasok kayu untuk memproduksi sandal refleksi. Pemasok kayu membutuhkan Pak Damar untuk membeli kayunya. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.b. Pak Damar membutuhkan masyarakat di sekitarnya sebagai tenaga kerja untuk membuat sandal refleksi. Masyarakat di sekitarnya membutuhkan pekerjaan dari Pak Damar. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.
Jalan sehat : Interaksi sosial |
Kegiatan jalan sehat berjalan dengan lancar. Warga masyarakat ber jalan dengan santai sambil menikmati pemandangan alam serta mengobrol dengan warga lain. Sesampainya di garis finish, warga akan dihibur dengan kesenian daerah sambil menikmati makanan yang telah disediakan.
- Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
- Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
- Turut serta dalam organisasi masyarakat.
- Lakukan pengamatan terhadap masyarakat di sekitarmu!
- Identifikasilah aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya!
- Buatlah laporan berdasarkan hasil pengamatanmu!
KEGIATAN AKHIR
Mari kita tutup pembelajaran ini dengan berdoa, mudahan-mudahan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa menjadikan ilmu kita bermanfaat dan selalu ada dalam ingatan kita, amin. Bagi yang Muslim bisa ikuti bacaan surat Al Ashr bersama-sama dengan klik Listen in browser.
0 Response to "Tema 4 Subtema 2 Pertemuan 3"
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini