Tema 4 Subtema 2 Pertemuan 3

 


KEGIATAN AWAL 

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi anak-anak, generasi hebat! bagaimana kabar kalian? Semoga sehat semua, dan tetap bersemangat belajar, walaupun belajarnya hanya di rumah. Baiklah anak-anak, kita mulai pelajarannya ya!

Mari kita awali belajar kita dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar hati kita dibukakan oleh Tuhan Yang Maha berilmu, dan dipahamkan dalam menyelami ilmu-Nya, sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi yang beragama Islam silakan baca doa berikut ini.


Nah untuk menanamkan jiwa patriotisme dalam lubuk hati kita sebagai generasi penerus bangsa mari kita menyanyikan lagu "Berkibarlah Benderaku" ciptaan Ibu Sud.

Sekarang siapkan alat tulis kalian, catat hal-hal penting yang perlu ditulis.

KEGIATAN INTI

1. Tujuan Pembelajaran

Anak-anak, diharapkan nanti kamu kalau sudah selesai belajar hari ini, kamu mampu :

  1. mengidentifikasi berbagai properti tari sesuai gambar.
  2. memperagakan tari daerah dengan menggunakan properti.
  3. mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan.
  4. mengidentifikasi aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya.

2. Kegiatan Pembelajaran

Ayo anak-anak amati gambar di bawah ini!
Gambar 1

Gambar 2

Gambar 4
Setelah kamu amati, coba sebutkan properti apa saja yang digunakan oleh para penari tersebut. 
Ya, pada gambar 1 properti yang digunakan kipas, gambar 2 menggunakan properti pedang, dan gambar 3 menggunakan properti busur dan anak panah. Kamu dapat mengamati properti berbagai macam tari lain

Tahukah kamu, apa itu properti? dan terbuat dari apa saja?
  • Properti tari adalah segala kelengkapan dan peralatan yang digunakan untuk melakukan gerak tari dalam penampilan atau peragaan karya tari.
  • Fungsi properti  untuk menambah nilai keindahan sekaligus sebagai media penyampaian pesan tarian.
  • Properti dapat terbuat dari kain, kayu, besi, plastik, tembaga, atau kulit. Properti ada juga yang merupakan bagian dari busana dan aksesoris, seperti selendang, panah, dan keris.
  • Contoh  benda yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari sebagai berikut
  1. Kipas 
  2. Topeng
  3. Selendang
  4. Payung
  5. Kuda lumping
  6. Piring
  7. Boneka
  8. Keris
  9. Sapu tangan
  10. Tombak
Coba kamu amati video tari Cublak-cublak suweng dari jawa Tengah ini, lalu kamu praktikkan dengan menggunakan properti selendang seperti tampilan pada video.


Ayo baca cerita di bawah ini!

    Pak Damar merupakan pengusaha sandal refleksi. Pak Damar memproduksi sandal yang dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Sandal refleksi buatan Pak Damar terbuat dari kayu. Kayu tersebut diperoleh dari daerah sekitar tempat tinggalnya. Pak Damar hanya membeli kayu berkualitas. Namun demikian, Pak Damar selalu menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi setelah penebangan. Dengan reboisasi hutan menjadi tidak gundul dan hasil reboisasi beberapa tahun kemudian dapat dimanfaatkan lagi, di antaranya pohon dapat ditebang dan kayunya dapat digunakan lagi.
    Tenaga kerja di pabrik Pak Damar juga berasal dari warga di sekitar tempat tinggalnya. Sebelumnya, mereka diberi pelatihan terlebih dahulu oleh Pak Damar. Bahkan kini, beberapa tenaga kerja Pak Damar telah membuka usaha sendiri. Pak Damar kemudian menjadikan mereka sebagai mitra kerja untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

Ayo selanjutnya kita berlatih memahami kandungan isi bacaan di atas.
  1. Interaksi manusia dan lingkungan pada bacaan.
    Pak Damar memanfaatkan kayu untuk memproduksi sandal refleksi (interaksi manusia dengan lingkungan alam). Beliau juga memberdayakan masyarakat sekitar sebagai tenaga kerjanya (interaksi lingkungan sosial).
  2. Pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan.
    a. Pemanfaatan hasil sebagai sumber daya alam untuk kebutuhan manusia.
    b. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
    c. Terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.
  3. Manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya.
    a. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
    b. Membuka lapangan pekerjaan baru.
    c. Memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sandal refleksi buatan Pak Damar.
  4. Usaha yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya.
    Pak Damar menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi pada lahan yang telah ia tebangi.
  5. Hubungan ketergantungan dalam bacaan
    a. Pak Damar membutuhkan pasokan kayu dari pemasok kayu untuk memproduksi sandal refleksi. Pemasok kayu membutuhkan Pak Damar untuk membeli kayunya. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.
    b. Pak Damar membutuhkan masyarakat di sekitarnya sebagai tenaga kerja untuk membuat sandal refleksi. Masyarakat di sekitarnya membutuhkan pekerjaan dari Pak Damar. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.

INTERAKSI LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SOSIAL
Jalan sehat : Interaksi sosial

    Program kerja pertama Pak Bakri Widodo sebagai Ketua RW baru, adalah mengadakan jalan sehat bagi warganya. Jalan sehat tersebut diadakan pada hari Minggu agar dapat diikuti oleh seluruh warga masyarakat. Rencananya, jalan sehat akan dilakukan mengelilingi desa dengan menempuh jarak 6 km.
    Kegiatan jalan sehat berjalan dengan lancar. Warga masyarakat ber jalan dengan santai sambil menikmati pemandangan alam serta mengobrol dengan warga lain. Sesampainya di garis finish, warga akan dihibur dengan kesenian daerah sambil menikmati makanan yang telah disediakan.
 
    Kegiatan jalan sehat merupakan contoh interaksi manusia dengan lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Interaksi manusia dengan lingkungan, memengaruhi pembangunan sosial budaya. Selain itu, upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Melalui pendidikan, maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat. Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.
  1. Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
  2. Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
  3. Turut serta dalam organisasi masyarakat. 
  
Setelah memahami bacaan dan isi yang terkandung di dalamnya,
  1. Lakukan pengamatan terhadap masyarakat di sekitarmu!
  2. Identifikasilah aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya!
  3. Buatlah laporan berdasarkan hasil pengamatanmu!

Nah, menyenangkan bukan pembelajaran hari ini?

KEGIATAN AKHIR

Sekian pembelajaran kita hari ini, yuk kita menyanyi "Bubuy Bulan" dari Jawa Barat untuk mencintai budaya daerah kita!

Di akhir pembelajaran ini silakan kerjakan evaluasi.
Evaluasi dapat di download DI SINI atau DI SINI atau DI SINI
Adapun materi dapat didownload DI SINI

Mari kita tutup pembelajaran ini dengan berdoa, mudahan-mudahan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa menjadikan ilmu kita bermanfaat dan selalu ada dalam ingatan kita, amin. Bagi yang Muslim bisa ikuti bacaan surat Al Ashr bersama-sama dengan klik Listen in browser.

NUR KHOLIS · Surat Al Ashr Bersama

Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 4 Subtema 2 Pertemuan 3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel