Tema 4 Subtema 3 Pertemuan 3


KEGIATAN AWAL

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hai anak-anak.. Apa kabar semua? Sudah lama ya kita tidak berinteraksi dengan teman-teman kita, sudah kangen bukan? Tapi, demi kebaikan bersama, kita harus tetap di rumah dan jaga jarak dulu ya, mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan kita bisa berkumpul, belajar, dan bermain bersama-sama lagi..

1.      Sebelum memulai kegiatan, mari berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Bagi yang beragama Islam silakan baca doa di bawah ini!

http://www.doaharianislami.com 

2.   Untuk menanamkan rasa cinta tanah air kita, yuk nyanyikan lagu tanah airku ciptaan Ibu Sud terlebih dahulu. 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TFvfEGG4zt8


KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran

Setelah memanfaatkan media pembelajaran daring ini, diharapkan :

1.   Siswa dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain dengan benar.

2.  Siswa dapat membuat tabel perbandingan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

3.      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gambar cerita sesuai bacaan dengan tepat.

4.      Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah pembuatan gambar cerita secara runtut.

5.      Siswa dapat membuat contoh gambar cerita satu adegan sesuai kalimat penggalan cerita.

6.   Siswa dapat menentukan tema gambar, menyiapkan alat untuk menggambar, membuat sketsa gambar, dan menyempurnakan gambar.


Materi Pembelajaran


INTERAKSI SOSIAL

Manusia sebagai makhluk sosial pasti tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Setiap hari kita saling berinteraksi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apa itu interaksi sosial?

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan orang lain. Proses interaksi ini terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaaksi juga terjadi karena adanya kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang seperti berikut.

1.      Bidang Ekonomi

Kepentingan ekonomi adalah kepentingan seseorang yang saling bergantung satu sama lain. Hubungannya dalam perdagangan dan kebutuhan pemenuhan makan, sandang, dan papan. Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpai di pasar atau tempat perbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi.

Selain kepentingan ekonomi dalam bentuk barang, kepentingan ekonomi yang lain terlihat dalam bentuk jasa. Misalnya, banyaknya organisasi yang menawarkan jasa kepada masyarakat umum, seperti lembaga belajar, bank, rumah sakit, event organizer, jasa paket atau kurir, sampai jasa cuci. Semua produk jasa juga termasuk dalam interaksi ekonomi.

Secara umum, interaksi ekonomi ditandai dengan adanya hubungan antara dua individu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang.

2.      Bidang Politik

Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan dan anggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan dan pertahanan.

Kepentingan ini, secara umum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara.

3.      Bidang Sosial dan Budaya

Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan interaksi dalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun dari leluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akan ikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadi pengaruh budaya yang satu ke budaya yang lain.

4.      Bidang Moral

Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinan akan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu. Situasi yang demikian menggugah para pemerhati sosial untuk menggalang kegiatan moral agar mutu masyarakat meningkat. Contoh kepentingan moral, yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masyarakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayah tersebut timbul untuk maju bersama dengan masyarakat di wilayah lain dalam membangun bangsa. Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesame. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab setiap warga Negara.

Interaksi dalam berbagai bidang tersebut. secara otomatis akan memengaruhi pembangunan di bidang-bidang yang bersangkutan, baik ekonomi, politik, sosial budaya, maupun moral. Tentu saja yang diharapkan interaksi tersebut dapat membawa pembangunan yang bersifat kemajuan daripada kemunduran.

Berdasarkan bacaan di atas, interaksi dalam bidang apakah yang pernah kamu lakukan?

Apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya interaksi? Interaksi antarwarga masyarakat terjadi dalam berbagai bidang seperti sosial dan ekonomi. Interaksi antarwarga masyarakat terjadi karena beberapa faktor seperti berikut.

1.      Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah

Daerah dengan kandungan sumber daya alam cukup tinggi ,akan dapat memproduksi barang-barang tertentu dengan biaya relatif murah dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki kandungan sumber daya alam lebih rendah sehingga hanya akan dapat memproduksi barang-barang dengan biaya produksi lebih tinggi sehingga daya saingnya menjadi lemah.

2.      Perbedaan Kondisi Demografis

Perbedaan kondisi demografis adalah perbedaan tingkat pertumbuhan dan stuktur kependudukan, perbedaan tingkat pendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagakerjaan, dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, serta etos kerja yang dimiliki masyarakat daerah bersangkutan. Kondisi demografis ini dapat memengaruhi ketimpangan pembangunan antar wilayah karena hal ini akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja masyarakat pada daerah bersangkutan. Daerah dengan kondisi geografis yang baik akan cenderung memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi. Sebaliknya, bila suatu daerah yang kondisi demografisnya kurang baik maka dapat menyebabkan rendahnya produktivitas kerja masyarakat setempat.

3.      Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa

Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa dapat mendorong terjadinya peningkatan ketimpangan pembangunan antar wilayah. Mobilitas barang dan jasa ini meliputi kegiatan perdagangan antar daerah dan migrasi baik yang disponsori pemerintah (transmigrasi) atau migrasi spontan. Migrasi yang kurang lancer menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membutuhkannya. Akibatnya ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi karena kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membutuhkannya sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunannya.

4.      Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah

Terjadinya konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup tinggi pada wilayah tertentu, akan mempengaruhi ketimpangan pembangunan antar wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akan cenderung lebih cepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup besar.

5.      Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah

Alokasi investasi pemerintah ke daerah, lebih banyak ditentukan oleh sistem pemerintahan daerah yang dianut. Alokasi dana pemerintah yang antara lain akan memberikan dampak pada ketimpangan pembangunan antarwilayah, adalah alokasi dana untuk sektor pendidikan, kesehatan, jalan, irigasi, dan listrik.


Berdasarkan faktor pendorong terjadinya interaksi antarwarga masyarakat dalam berbagai bidang, dapat dipahami pengaruh interaksi terhadap pembangunan di segala bidang. Tentu saja, interaksi yang terjadi bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di berbagai bidang tersebut. Dengan demikian, kepentingan masyarakat yang belum bisa terpenuhi di daerah yang satu akan bisa terpenuhi dengan berinteraksi dengan masyarakat dari daerah lain. Jadi, interaksi yang terjalin untuk menutupi kekurangan masing-masing sehingga pada akhirnya semua kebutuhan akan bisa terpenuhi dengan baik. Taraf kemampuan ekonomi tiap-tiap daerah pun akan meningkat. Meningkatnya kemampuan ekonomi tiap-tiap daerah, akan memengaruhi pemenuhan terhadap kebutuhan sosial dan budaya tiap-tiap daerah. Yang pasti, pegang teguh budaya masing-masing jangan sampai budaya daerah luntur akibat interaksi sosial.






CERITA BERGAMBAR

Pada tema sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang cerita bergambar atau disingkat cergam. Masih ingatkah kamu apa sebenarnya cerita bergambar itu? Bagaimanakah cara membuat cerita bergambar?

Cergam merupakan kependekan dari cerita bergambar. Cergam mengandung pengertian perpaduan gambar dan teks yang berbaur menjadi satu kesatuan serta mengandung keindahan dan cerita yang bermakna. Itulah yang dimaksud dengan cerita bergambar.

Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat gambar cerita, yaitu:

1.      Tentukan ide/gagasan/tema yang akan dibuat.

2.      Tentukan karakter tokoh utamanya dan karakter dari tokoh pembantunya yang ada dalam cerita.

3.      Buat alur cerita sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan.

4.      Mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Sebelum menggambar tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan seperti berikut.

1.      Alat dan bahan untuk membuat gambar cerita.

2.      Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

3.      Menyempurnakan sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

 

Contoh dari gambar cerita yaitu seperti berikut.


PENUTUP

Sampai di sini dulu belajar kita hari ini ya, sebelum ditutup, mari kita menyanyikan salah satu lagu daerah dari Jawa Barat yaitu “Manuk Dadali”.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=LcghTxm-Qno

Dan sebelum pulang, mari kita berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Sekian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr.wb.


Untuk Materi dapat diunduh DI SINI

Untuk Soal Evaluasi dapat diunduh DI SINI atau DI SINI atau DI SINI


Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 4 Subtema 3 Pertemuan 3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel