Tema 4 Subtema 1 Pertemuan 3

 KEGIATAN AWAL 

1. Berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.



 2. Menyanyi salah satu lagu wajib nasional "Garuda Pancasila"

 


KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran :

IPS

·         Mengamati interaksi manusia dengan lingkungannya

SBdP

·         Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor

·         Menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor

Materi Pembelajaran

IPS

Gambar di atas merupakan salah satu bentuk interaksi manusia dengan lingkungan.

Apa itu interaksi?

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial sangat dibutuhkan untuk kehidupan bersama, sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya. Interaksi manusia bukan hanya individu dengan kelompok saja, melainkan mencakup interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi. Dalam interaksi tersebut, terjadi berbagai macam permasalahan yang disebut dinamika interaksi.

Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.

  


Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Contoh saat kamu makan nasi, tentu nasi yang dimakan berasal dari beras. Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi digiling oleh orang lain. Bahkan nasi yang dimakan merupakan masakan orang lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan bersama.

Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu :


1.      Interaksi yang mengarah ke persatuan

2.      Interaksi yang mengarah ke perpecahan, pertentangan, pertikaian

 

SBdP 



Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor

 

Tangga nada merupakan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu system nada. Tangga nada dimulai dari salah satu nada dasar sampai dengan nada oktafnya., misalnya do, re, mi, fa, so, la, si, do. Tangga nada dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

1.      Tangga Nada Mayor

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

-          Bersifat riang gembira

-          Bersemangat

-          Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do

-          Memiliki pola interval 1 , 1 , ½ , 1 , 1 , 1 , ½

-          Biasa ditemukan pada lagu anak-anak



Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah 1 , 1 , ½ , 1 , 1 , 1 , ½


Tangga nada mayor relatif dari suatu tangga nada minor, ditentukan dengan menaikkan nada tonika tangga nada minor tersebut sebanyak satu nada dan satu seminada (tiga setengah langkah), yaitu dengan interval terts minor. Jika tanda mula suatu tangga nada,  isalnya G mayor, terdiri atas satu kres, maka tangga nada minor relatifnya E minor, juga memiliki satu kres sebagai tanda mula.


2.      Tangga Nada Minor

Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

-          Bersifat sedih

-          Kurang bersemangat

-          Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A

-          Memiliki pola interval 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1

-          Biasa ditemukan pada lagu anak muda, terutama yang menceritakan kesedihan hati



Dalam teori musik, skala minor atau tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1


Tangga nada minor menggunakan tanda mula yang sama dengan tangga nada mayor yaitu c’= = Tanda mula tangga nada minor = = . Tangga mula yang sesuai dengan pola interval suatu tangga nada minor alami dianggap sebagai tanda mula untuk tangga nada minor tersebut. Tangga nada mayor dan minor yang memiliki tanda mula sama disebut sebagai relative. Jadi, tangga nada C mayor merupakan mayor relatif dari tangga nada A minor, dan tangga nada C minor adalah mayor relatif dari tangga nada A mayor.

  

KEGIATAN AKHIR

Berakhir sudah pembelajaran daring untuk hari ini, mari kita bersama-sama membaca doa supaya ilmu yang kita dapat bermanfaat untuk di dunia maupun di akhirat nanti.



Untuk materi bisa diunduh DI SINI atau DI SINI

Untuk soal evaluasi bisa diunduh DI SINI atau DI SINI

baca juga :

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 4 Subtema 1 Pertemuan 3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel