Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran :
Bahasa
Indonesia
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan elektronik.
- Siswa dapat mengamati iklan elektronik, mengidentifikasi, dan menyajikan kata kunci pada iklan masyarakat.
PPKn
- Siswa dapat menceritakan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar.
- Siswa dapat memberikan contoh kegiatan yang mendukung keagaman sosial budaya dalam masyarakat.
MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
Pentingnya Makanan Sehat
Usia anak antara 2 hingga 12
tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini
untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan
hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan
dan pertumbuhannya.
Makanan antara lain
bermanfaat sebagai sumber energi, pelindung tubuh terhadap penyakit, sumber
pembangun pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan juga bersifat mengganti
sel-sel tubuh yang rusak atau tua, dan sebagai pelindung organ-organ penting.
Akan tetapi, makanan yang
sehat saja tidaklah cukup. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara
cukup dan teratur. Berat badan dapat dikontrol melalui olahraga sehingga kita
dapat terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung
dan darah tinggi, serta meningkatkan memori.Dengan berolaharaga jantung dan
paru-paru bekerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi
semakin besar dan siap untuk kita pergunakan untuk berbagi aktivitas.
Untuk hidup sehat, bukan hanya makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Bayangkan jika lingkungan tempat kita tinggal kotor dan menjadi sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi. Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan.
Iklan adalah informasi yang isinya membujuk orang supaya tertarik kepada
barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada
banyak orang tentang barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa
seperti koran, majalah, atau tempat-tempat umum.
Secara umum, iklan berwujud
penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau
toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan
berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang
banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.
Contoh media cetak : Koran, majalah,
tabloid
Contoh media elektronik : televisi,
radio, internet
CIRI-CIRI IKLAN
- Komunikatif
- Informatif
- Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
- Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/ pembaca untuk membeli/ menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
SYARAT IKLAN
·
Kata
dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
·
Bahasa
yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
·
Tidak
boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
·
Tidak
boleh berbohong, harus apa adanya.
·
Iklan
harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target
pasar, dan lain-lain.
JENIS-JENIS IKLAN BERDASARKAN MEDIANYA
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah iklan yang dibuat
dan dipasang menggunakan teknik cetak. Teknik ini dapat berupa letterpess,
photolitography, sablon, inkjet, laser dan lain sebagainya.
Wujudnya iklan cetak ini antara lain
koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan luas
space atau ukuran koran, majalah dan tabloid memiliki 3 wujud iklan, yaitu :
·
Iklan
baris biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai luas tidak melebihi dari
sekolom.
·
Iklan
kolom memiliki luas satu kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.
·
Iklan
display memiliki ukuran lebih lebih luas jika dibandingkan iklan kolom.
2. Iklan Elektronik
Iklan elektronik, adalah iklan yang
menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat
berupa :
a.) Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik
yang hanya bisa didengar melalui audio (suara). Suara itu bisa berupa suara
manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan
ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara yang tidak beraturan atau
efek suara alam.
b.) Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki
karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Karakteristik inilah yang
membuat pemirsa ingin membeli produk yang ditawarkan.
c.) Iklan Film
Iklan film wujudnya produk film/cinema.
Umumnya, jenis iklan yang muncul yaitu iklan property endorsement dan live
action yang tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu
film ikut mempromosikan film-film lainnya sebelum film utamanya diputar (promo
ad).
d.) Iklan Media Digital Interaktif
(Internet)
Dalam iklan digital interaktif,
dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :
· Website
: iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs
tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs
perusahaannya menjadi ladang iklan.
· Banner
dan tombol : banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua
halaman web. Sementara itu, button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya
jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.
· Sponsorship
: iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
· Classified
ads : iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
· E-mail
advertising : iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang
memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. Apa itu SPAM ? SPAM
adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak
diketahui.
Poster adalah surat pengumuman yang dipasang di tempat umum, seperti dinding, pinggir jalan, dan papan pengumuman. Poster pada umumnya berisi promosi suatu produk terbaru dari suatu perusahaan maupun penyampaian informasi pelayanan kepada masyarakat. Misalnya penghijauan, keluarga berencana, dan tata tertib lalu lintas.
Poster menggunakan bahasa yang singkat, efektif, menarik dan mudah diingat. Poster berisi tulisan disertai gambar. Tujuan pembuatan poster antara lain menawarkan barang dagangan, mendidik masyarakat, dan mengimbau masyarakat tentang sesuatu.
Ada
beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang poster. Perhatikan penjelasan
berikut :
1. Judul
Penulisan
judul poster yang baik, yaitu minimal dari jarak dua meter. Judul poster harus
dapat terbaca dengan jelas dan menarik perhatian banyak orang.
2. Informasi
Informasi
pada poster sebaiknya disajikan dalam bentuk poin, dan dalam jarak minimal satu
meter harus terbaca dengan jelas. Misalnya poster tentang penyakit maka
informasi didalamnya setidaknya terdiri atas topik pembahasan tentang penyakit
tersebut, penyebab gangguan, gejala dari penyakit tersebut, dan upaya
penanganan serta pencegahannya.
3. Pendukung
Pendukung
dalam poster maksudnya adalah hal-hal yang bisa membuat poster menjadi lebih
menarik, misalnya dengan menampilkan grafik atau gambar-gambar yang memudahkan
pembaca memahami pesan dari poster tersebut.
4. Sumber
Sumber
informasi yang digunakan dalam poster dapat iperoleh dari internet, buku-buku,
majalah, atau sumber lain terpercaya. Sumber informasi penting untuk
dicantumkan.
Membuat Buklet
Selain
menghormati dan menghargai, kita juga harus selalu melestarikan budaya dan adat
istiadat di Indonesia. Salah satu caranya adalah menggunakan bullet. Buklet
adalah sarana beriklan atau promosi secara tidak langsung. Bentuknya menyerupai
sebuah buku yang berukuran kecil. Buklet memiliki sampul, halaman judul,
dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamphlet/brosur. Penampilan
dan desain sebuah buklet seringkali mewakili gambaran dan informasi sebuah
perusahaan dan prosuk-produknya. Desain dan kualitas buklet yang bagus akan
meningkatkan penjualan maupun ketertarikan masyarakat terhadap produk
perusahaan tersebut.
PPKn
Modal
dasar pembangunan nasional adalah segala sumber kekuatan nasional yang
dimiliki dan didayagunakan bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional.
- Modal
dasar pembangunan nasional di Indonesia antara lain :
1. -- Kemerdekaan dan kedaulatan
2. - Jiwa dan semangat persatuan
3. - Wilayah Nusantara
4. - Kekayaan alam yang beraneka ragam
5. - Penduduk
6. - Adat istiadat
7. - Budaya bangsa
Keragaman merupakan suatu suatu kondisi yang khas pada kehidupan masyarakat. Perbedaannya dalam bentuk suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia.
Indonesia
mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Masyarakat Indonesia
bisa saling berbagi informasi dan bertukar pikiran. Indonesia akan menjadi
negara yang kaya akan kekayaan alam hayati, keanekaragaman budaya,
keanekaragaman manusianya berkualutas baik. Dengan adanya keanekaragaman ini,
Indonesia akhirnya memiliki sebuah semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang
artinya berbeda-beda tetapi satu jua. Meskipun masyarakat memiliki latar
belakang, pemikiran, prinsip, serta karakter yang berbeda, namun masyarakatnya
tetap memiliki satu tujuan yang sama yaitu menjadikan Indonesia yang merdeka,
bersatu, adil, dan makmur dalam Pancasila.
Kata Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Empu Tantular merupakan salah satu pujangga besar pada zaman Kerajaan Majapahit. Pengamalan Bhinneka Tunggal Ika dapat dimulai di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar. Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi memiliki perjuangan para pejuang yang dilakukan dengan proses yang sangat panjang. Selanjutnya, kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa dan negara.
Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan dalam bacaan!
Bogor Siap Gelar Cap Go Meh
Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk
mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam
keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan
simbol rakyat menghargai keberagaman.
Festival tahun ini akan
lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan
sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000
pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini
akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.
Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kos tum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan.
Berakhir sudah pembelajaran daring
untuk hari ini, yuk kita berdoa mohon kebaikan dan keselamatan duina dan akhirat
Untuk materi bisa diunduh DI SINI atau DI SINI
Untuk
soal evaluasi bisa diunduh DI SINI atau DI SINI atau DI SINI
Baca juga :
0 Response to "Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 1"
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini