Tema 2 Subtema 1 Pertemuan 1


Selamat pagi semua! Bagaimana kabar hari ini? Masih semangat ya! Hebat!

Kali ini, kita masuk Tema 2 "Udara Bersih untuk Kesehatan", tema yang pas dengan situasi saat ini, di mana kebersihan sangat diutamakan, seperti mencuci tangan menggunakan sabun, tidak menggunakan alat/barang secara bergantian, dan lain sebagainya. Ayo, simak video berikut ini!

Sudah siapkah untuk belajar? Seperti biasa, sebelum belajar, mari kita berdoa sesuai agama masing-masing! Bagi yang beragama Islam, silahkan baca doa berikut ya!

Agar lebih bersemangat, yuk kita menyanyikan lagu "Bangun Pemudi Pemuda" ciptaan Alfred Simanjuntak! (Silakan klik videonya!)

Pernahkah kamu diberi tugas oleh orang tua? Bagaimana cara kamu melaksanakan tugas tersebut?

Nah, pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
Diharapkan kamu dapat menjelaskan arti tanggung jawab sebagai warga masyarakat (PPKn 3.2).
Nanti ada teks yang harus dibaca, diharapkan kamu dapat menjelaskan informasi yang berkaitan dengan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan mengapa dari teks tersebut (Bahasa Indonesia 3.2). Sekarang keluarkan buku tematik, buku catatan, dan alat tulis lainnya.

Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat
Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang melaksanakan tugas dan  kewajibannya, yang dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.
Berikut ini berbagai jenis tanggung jawab:
  1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, contohnya: Evi mendapat pekerjaan rumah dari Bu Guru untuk dikumpulkan esok hari. Akan tetapi, Evi malah menghabiskan waktu untuk menonton acara televisi. Evi tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Esok harinya, Evi ditegur Bu Guru dan Evi mendapat sanksi. Dalam peristiwa ini Evi harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri akibat tidak mengerjakan tugas rumah dari Bu Guru.
  2. Tanggung jawab terhadap keluarga, contohnya: Seorang ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarga dan memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Ayah tersebut telah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga. Seorang anak yang disiplin dan bersungguh-sungguh dalam belajar juga termasuk yang bertanggung jawab terhadap keluarga.
  3. Tanggung jawab terhadap masyarakat, contohnya: Pak Budi warga masyarakat Desa Suka Makmur. Pada hari Minggu, Pak Budi berencana pergi berlibur bersama keluarganya ke pantai. Akan tetapi, pada hari Minggu yang sama, warga masyarakat Desa Suka Makmur akan mengadakan kerja bakti membersihkan selokan. Pak Budi, sebagai warga masyarakat, memutuskan untuk menunda acara berlibur bersama keluarganya, karena Pak Budi harus ikut bekerja bakti. Tindakan Pak Budi ini mencerminkan tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
  4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, contohnya: Anggota tim nasional bulu tangkis Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia. Mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di mata dunia menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia.
  5. Tanggung jawab terhadap Tuhan, contohnya: Beribadah sesuai agama yang dianut dengan menjalankan perintah-perintah Tuhannya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.
 
Nah, itulah jenis-jenis tanggung jawab dan contohnya. Jika ada yang kesulitan dalam memahaminya, tanyakan pada gurumu, tidak perlu takut ya! Lalu, bagaimana jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat?
Berikut jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat:
  1. Memelihara ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat. Contohnya membuat peraturan jam masyarakat dan jadwal kegiatan ronda malam yang harus dilakukan oleh setiap anggota masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab.
  2. Menjaga dan memahami rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. Prinsip-prinsip yang dipegang adalah: (1) membina keserasian, keselarasan, dan keseimbangan, (2) saling mendukung, membina, dan memberi antarsesama, dan (3) tidak menonjolkan perbedaan.
  3. Meningkatkan rasa solidaritas sebagai sesama anggota masyarakat. Salah satu bentuk solidaritas adalah kerja sama atau gotong royong.
  4. Menghapuskan bentuk-bentuk tindakan diskriminasi dalam masyarakat untuk menghindari perpecahan.

Informasi Terkait Pertanyaan Apa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Mengapa
Sekarang, kita lanjutkan belajar tentang petanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan mengapa.
Setiap pertanyaan diawali dengan kata tanya. Beberapa kata tanya, di antaranya:
  1. Apa, digunakan untuk menanyakan peristiwa atau kegiatan.
  2. Siapa, digunakan untuk menanyakan nama orang.
  3. Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.
  4. Di mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
  5. Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Bacalah teks "Hari Menanam Pohon" pada buku siswa halaman 23-24!

Setelah membaca teks ini, kita mendapat informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan mengapa, seperti berikut ini: (Simak baik-baik ya!)
  1. Apa yang dilakukan untuk mengurangi kerusakan hutan? Mengurangi kerusakan hutan dapat dilakukan dengan kegiatan penanaman kembali atau reboisasi.
  2. Siapa yang menanam pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan? Yang menanam pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan adalah presiden.
  3. Kapan diperingati Hari Menanam Pohon? Hari Menanam Pohon diperingati setiap tanggal 28 November.
  4. Di mana kegiatan Hari Menanam Pohon Tahun 2015 dilaksanakan? Hari Menanam Pohon Tahun 2015 diperingati di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan.
  5. Mengapa kita harus menanam pohon? Karena pohon dapat menghasilkan oksigen yang baik untuk kehidupan manusia.

Nah, demikianlah contoh informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan mengapa. Jika kamu membaca teks yang lain, kamu juga bisa melakukan pemetaan informasi seperti contoh di atas. Bagaimana pembelajaran hari ini, menarik bukan? Sebagai bahan penilaian, silahkan kamu kerjakan soal-soal evaluasinya. Kamu bisa minta tolong gurumu untuk mengunduhnya di siniTetap semangat belajar ya!

Evaluasi dapat diunduh DI SINI atau DI SINI atau DI SINI
Materi pertemuan kali ini dapat diunduh DI SINI atau DI SINI

Sebelum berakhir, mari kita menyanyikan lagu "Cublak-Cublak Suweng" dari daerah Jawa Tengah! (Silahkan klik videonya!)

Mengakhiri kegiatan, mari kita berdoa sesuai agama masing-masing! Berdoa dimulai!

Sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya!

Sumber:
video 1:  https://www.youtube.com/watch?v=kdl4D1RFMo8
video 2https://www.youtube.com/watch?v=Swrb82LhGjQ
video 3:  https://www.youtube.com/watch?v=aAj_dyAK9qU

Baca juga :

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 2 Subtema 1 Pertemuan 1"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel