Tema 2 Subtema 3 Pertemuan 1

KEGIATAN AWAL

Sebelum kita memulai pembelajaran kita awali dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaanya masing-masing ya! Untuk kalian yang beragama Islam baca doa di bawah ya!

 

Setelah kalian berdoa kita lanjutkan dengan menyayikan Lagu Indonesia Raya yang di ciptakan oleh WR. Supratman, lagu ini adalah lagu kebangsaan yang harus kita jaga untuk memupuk rasa cinta tanah air.

 




KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran

  • Dengan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa.
  • Dengan menuliskan dalam bentuk tabel, siswa mampu mempresentasikan informasi dari teks bacaan terkait dengan pertanyaan apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa
  • Menjelaskan akibat siswa tidak melaksanakan tanggung jawab di sekolah, rumah dan dalam masyarakat

Materi Pembelajaran

Anak-anak, pernahkah kalian mendengar berita tentang kebakaran hutan? Tentunya pernah ya? Di indonesia sendiri pernah terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap yang sangat tebal hingga mengganggu kehidupan masyarakatnya. Seperti yang terjadi pada tahun 2015, bencana kabut asap melanda sebagian wilayah Indonesia, terutama di Sumatra dan Kalimantan. 

Pada kegiatan pembelajaran hari ini, kalian diharuskan membaca bacaan di bawah ini dengan cermat agar bisa menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, bagaimana, dan mengapa. Bacalah bacaan berikut secara berulang ya!


Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya

    Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi bencana kabut asap. Pemerintah sudah berusaha mematikan titik-titik kebakaran, tetapi hasilnya kabut asap masih ada. Apa saja bahaya kabut asap kebakaran dan apa yang harus kita lakukan apabila di daerah kita terkena kabut asap? Berdasarkan pantauan, indeks pencemaran udara di Jambi, Palembang, dan Palangkaraya sudah sangat tinggi atau tidak sehat. Tidak sehat karena asap kebakaran hutan dan lahan menyebabkan debu atau partikel halus hasil kebakaran seperti jelaga. Saking halusnya, partikel ini akan dengan mudah terisap dan mengotori sistem pernapasan.
    Selain partikel halus, asap kebakaran juga mengandung zat-zat berbahaya seperti ozon (O3), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), dan nitrogen oksida (NO2).
    Kabut asap ini dapat mengganggu kesehatan semua orang, baik orang yang kondisinya sehat maupun yang sakit. Namun, pada orang yang kondisi kesehatannya kurang, khususnya pada orang yang memiliki riwayat penyakit pernapasan, anak-anak, dan balita, kabut asap adalah bencana yang bias mengancam jiwa

Apa saja bahaya kabut asap bagi kesehatan kita? Berikut ini beberapa bahaya kabut asap bagi kesehatan.

  1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.
  2. Kabut asap dapat menyebabkan reaksi alergi, peradangan, dan mungkin juga infeksi.
  3. Kabut asap dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronchitis kronik.
  4. Kabut asap dapat menyebabkan kemampuan kerja paru berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.
  5. Kabut asap dapat menyebabkan orang lanjut usia dan anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.
  6. Kabut asap dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam mengatasi infeksi paru-paru dan saluran pernapasan, sehingga lebih mudah terjadi infeksi.
  7. Kabut asap dapat memperburuk penyakit pernapasan yang sudah ada.
  8. Kabut asap menyebabkan polusi pada air bersih, tanaman sayuran, buah buahan, dan makanan yang tidak ditutup.
  9. Kabut asap memperburuk kondisi lingkungan sehingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akan mudah terjadi.

Bagaimana kita melindungi diri dari kabut asap?

  1. Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernapasan.
  2. Selalu memakai masker jika harus pergi ke luar rumah/gedung. Pakailah masker dengan benar untuk menutupi hidung dan mulut.
  3. Minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering agar debu atau partikel halus yang menempel pada tenggorokan larut dan masuk ke dalam pencernaan sehingga ikut terbuang bersama kotora

Dari bacaan “Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya” di atas, buatlah pertanyaan dengan kata tanya apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa. Kemudian tulislah jawaban dari pertanyaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Bagaimana anak-anak tugas di atas? mudah bukan? jika kalian telah selesai mengerjakan di buku tulis, hasilnya kalian foto ya! foto itu sebagai bukti kamu telah mengerjakan.

Untuk kegiatan selanjutnya kalian amati gambar di bawah ya!

Dalam cerita bergambar di atas terdapat contoh sikap bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Sikap bertanggung jawab memang harus dilatih sejak kecil supaya menjadi kebiasaan hingga kita dewasa nanti

Apa akibatnya jika siswa tidak melaksanakan tanggung jawabnya di sekolah, di rumah, dan dalam masyarakat? coba kalian tuliskan pendapat kamu di buku! dan jangan lupa hasilnya kalian foto ya!

KEGIATAN AKHIR

Sebelum kita mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari ini, yuk kita menyanyikan lagu daerah! kita menyanyikan lagu "cublak-cublak suwung". ada yang tahu lagu tersebut berasal dari daerah mana? iya betul sekali, lagu cublak - cublak suwung berasal dari daerah Jawa Tengah. Untuk menyanyikan kalian klik tombol di bawah ya!



Bagaiamana lagunya? bagus bukan? kalian hafalkan ya! agar lagu-lagu daerah tetap lestari dan tak lekang dimakan oleh zaman.

Untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini, kita berdoa bersama-sama agar apa yang anak-anak pelajari bermanfaat. untuk yang beragama islam baca doa di bawah ya!



Silahkan download materi di sini atau di sini
Untuk evaluasi silahkan download di sini atau di sini atau di sini

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 2 Subtema 3 Pertemuan 1"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel