Materi Pembelajaran Tematik Kelas 5, sarana Pembelajaran Jarak Jauh di SD Kota Tegal, bahan ajar dengan penanaman karakter, soal Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun disertai lembar jawaban, download buku tema kelas 5.
Selamat pagi anak-anak yang luar biasa, semangat pagi! jumpa kembali dalam pembelajaran jarak jauh melalui blog kelas 5 SD Kota Tegal.
Mari kita awali belajar kita dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar hati kita dibukakan oleh Tuhan Yang Maha berilmu, dan dipahamkan dalam menyelami ilmu-Nya, sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi yang beragama Islam silakan baca doa berikut ini.
Nah untuk meningkatkatkan rasa patriotisme mari kita nyanyikan lagu wajib "Bagimu Negeri" ciptaan Bapak Raden Koesbini, mudah-mudahan menambah rasa patriotisme kita kepada negeri Indonesia tercinta.
Sekarang siapkan alat tulis kalian, catat hal-hal penting yang perlu ditulis.
KEGIATAN INTI
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah belajar melalui media daring ini, diharapkan :
Dengan melakukan pengamatan siswa dapat mengidentifikasi peristiwa dalam teks non fiksi.
Melalui kegiatan membaca siswa dapat mengidentifikasi tindakan-tindakan pada teks non fiksi.
Melalui pengamatan terhadap peta pikiran, siswa dapat menceritakan keuntungan dari keragaman sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.
Melalui membaca siswa dapat menjelaskan cara menghargai keragaman sosial budaya.
Melalui membaca siswa dapat menyebutkan contoh cerita arti penting memahami keragaman sosial budaya.
2. Kegiatan Pembelajaran
Anak-anak, hari ini Tema 8 subtema ketiga pertemuan pertama kita akan belajar tentang Mengidentifikasi peristiwa dan tindakan dalam teks non fiksi (B. Indonesia) dan Keragaman sosial budaya (PPKn).
Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
Bagaimana rasa air laut? Ya, air laut terasa asin. Jika kamu berenang di pantai dan terpercik air laut, kamu akan mengetahui bahwa air laut terasa asin. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan dalam kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.
Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
1. Persyaratan secara fisik
Tidak keruh
Tidak berwarna apa pun
Tidak berasa apa pun
Tidak berbau apa pun
Suhu antara 10o-25o C (sejuk)
Tidak meninggalkan endapan
2. Syarat kimiawi
Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
Cukup yodium
pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2
3. Syarat mikrobiologi
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus,dan kolera
Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber-sumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung yang sangat besar. Tangki penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.
Sumber air lainnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air dari sumur. Namun, sekarang kita dapat menggunakan pompa air bertenaga listrik. Dengan pompa itu air dialirkan ke atas melalui pipa menuju ke bak penampung air, kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain di rumah.
(Sumber: Young Scientiest. 1994. All About Water. Chicago: World Book, Inc.; catatankimia.com)
Coba kamu amati dengan cermat teks di atas, informasi penting apa yang ada di dalamnya. Mari kita coba buat dalam bentuk peta pikiran.
Hari Air Sedunia
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah.
Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.
Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.
Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
Menghemat penggunaan air.
Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
(Sumber: www.kidnesia.com)
Yuk kita belajar menjawab pertanyaan agar menambah pemahaman kita. Kita buat dalam tabel di bawah ini.
Pertanyaan
Contoh Jawaban
Pada setiap tanggal berapakah diperingati hari air sedunia?
Setiap tanggal 22 Maret
Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang?
• Cadangan air tanah berkurang karena air hujan terus mengalir di permukaan tanah dan tidak masuk ke dalam tanah. • Banyak pohon ditebangi sehingga tidak ada akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. • Lahan-lahan hijau berubah menjadi kawasan permukiman dan industri.
Apa akibat kekurangan air bersih?
• Kebutuhan manusia akan air bersih tidak tercukupi. • Hasil panen berkurang. • Banyak hewan mati.
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih?
• Menghemat penggunaan air. • Membuat lubang resapan yang berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah. • Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
Coba kamu amati peta pikiran tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kegiatan masyarakat di bawah ini.
Peta pikiran pengaruh kegiatan ekonomi
Nah setelah mengamati peta pikiran di atas, yuk kita amati pula contoh kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi yang ada di lingkungan sekitar kita. Lalu diskusikan siapa saja yang diuntungkan dari keragaman/ perbedaan setiap usaha. Karena jenis usaha yang ada di lingkungan kita pasti bermacam-macam. Bisa kita cermati melalui tabel di bawah ini.
No.
Kegiatan
Jenis
Orang yang Diuntungkan
Keuntungan yang Diperoleh
1
Pabrik kerupuk
Produksi
Masyarakat yang suka makan kerupuk
Makan lebih lahap
2
Menjual pasir
Distribusi
Masyarakat yang sedang membangun rumah
Pembangunan rumah lancar
3
Makan jajanan
Konsumsi
Siswa yang membeli jajanan
Perut menjadi kenyang
4
Pabrik Panci
Produksi
Ibu rumah tangga
Memasak air dapat hemat lebih banyak air
5
Menjual Alat Tulis
Didtribusi
Siswa dan siswai di sekolah
Kebutuhan alat tulis dapat terpenuhi
Keragaman jenis usaha ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa keuntungan dari kondisi ini?
Keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha menimbulkan keuntungan, yaitu:
Tersedianya semua kebutuhan manusia baik barang maupun jasa
Meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat.
Semakin eratnya rasa persatuan dan kesatuan warga.
Tumbuhnya sikap saling menghargai sesama warga.
Tumbuhnya rasa kebersamaan dalam mendukung keragaman.
Dalam perbedaan atau keberagaman kegiatan ekonomi di masyarakat, kita harus bisa saling menghormati agar terjalin kerukunan hidup di masyarakat. Nah, bagaimana cara kita menghargai usaha kegiatan ekonomi orang lain? yuk kita simak caranya, yaitu antara lain :
Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pesta rakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun. Festival yang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 ini menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah.
Berbagai seni daerah tampil dengan sangat menarik dan menghibur. Tidak hanya para penari dan aksi teatrikal yang tampil dengan memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian. Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif. Ditambah iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasana malam Banyuwangi begitu meriah.
Seluruh etnis dan suku menampilkan budayanya mulai tradisi Saulak dari Suku Mandar, fragmen Cungkup Tapanrejo dari etnis Jawa Matraman, sarine Kembang Bakung dari suku Using, pakaian khas etnis Madura, tari Topeng, atraksi Ogoh-ogoh dari Bali dan tari Barongsai dari etnis Tionghoa.
Festival Kuwung 2016 mengangkat tema Kembang Setaman Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambang keharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai etnis dan latar belakang budaya. Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa, suku Using, suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan.
KEGIATAN PENUTUP
Anak-anak, selesai sudah belajar kita, sebelum berdoa yuk kita menikmati tari Bondan Payung dari Jawa Tengah. Mari cintai budaya daerah kita!
Sebagai akhir pembelajaran mari berdoa sesuai agama kita masing-masing. Bagi yang muslim silakan klik listen in browser dan ikuti.
0 Response to "Tema 8 Subtema 3 Pertemuan 1"
Posting Komentar
Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini