Tema 6 Subtema 1 Pertemuan 1

TEMA 6 : PANAS DAN PERPINDAHANNYA
SUBTEMA 1 : SUHU DAN KALOR
PERTEMUAN 1

KEGIATAN AWAL 

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi anak-anak, semangat pagi! bagaimana kabar kalian? Sudah lama tak jumpa. Kembali lagi kita berjumpa lewat blog belajar kita. Semoga sehat semua, dan tetap bersemangat belajar, walaupun belajarnya hanya di rumah. Karena di semester 2 ini sebagian besar sekolah di Kota Tegal masih melaksanakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sebagai upaya memutus penyebaran covid-19. Baiklah anak-anak, kita mulai pelajarannya ya!

Mari kita awali belajar kita dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar hati kita dibukakan oleh Tuhan Yang Maha berilmu, dan dipahamkan dalam menyelami ilmu-Nya, sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi yang beragama Islam silakan ikuti doa berikut ini.

Anak-anak yang manis, pa guru ingatkan kembali tetap jaga kesehatan kita terutama dari bahaya wabah Covid-19. Jangan kendor tetap lakukan protokol kesehatan dengan 4 M. Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjauhi kerumunan. Untuk melengkapi pengetahuan kita tentang Covid-19, Yuk tonton video berikut ini, tentang penemuan vaksin covid-19!

Nah untuk menanamkan rasa persatuan dalam lubuk hati kita sebagai anak bangsa mari kita menyanyikan lagu "Indonesia Bersatulah" ciptaan Alfred Simanjuntak, agar kita tetap bersatu walaupun berbeda suku agama dan ras kita.



Sekarang siapkan alat tulis kalian, catat hal-hal penting yang perlu ditulis.

KEGIATAN INTI

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah belajar melalui media online ini, diharapkan nanti kamu bisa :

  1. Meringkas teks eksplanasi pada media cetak, setelah kamu menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan.
  2. Menyajikan ringkasan teks secara tepat melalui membuat kesimpulan bacaan.
  3. Menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara.

2. Kegiatan Pembelajaran

Anak-anak, hari ini Tema 6 tentang Panas dan Perpindahannya.
dan di subtema pertama lebih dulu kita belajar tentang Suhu dan Kalor (Panas) .
Untuk Bahasa Indonesia subtema 1 ada 3 pembelajaran, jadi materi agak banyak.

Coba amati dua gambar berikut ini, 
Perpindahan panas

Apa persamaannya?
Apa perbedaannya?
Persamaannya adalah sama-sama memanfaatkan energi panas.
Perbedaanya adalah sumber energi yang digunakan berbeda, yaitu matahari dan api.
Sekarang coba kamu amati video dari Chanel Pak Fendra Nugroho berikut ini, tentang sumber energi panas! agar belajarnya asyik menyenangkan!


Sudah paham kan?
Nah, sekarang tugas kamu membaca bacaan berikut ini.

Sumber Energi Panas

     Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar.Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
     Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya,panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
     Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
     Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

Agar tambah memahami bacaan, coba kamu jawab pertanyaan di bawah ini ya! Pa guru beri contoh satu!
  1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas? Benda yang dapat menghasilkan energi panas.
  2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
  3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
  4. Tunjukkanlah cara-cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitarmu!
  5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
  6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Silakan kirimkan jawabanmu ke guru kamu untuk mengetahui pemahamanmu!

Sekarang coba kamu tulis kata-kata kunci yang ada tiap paragraf. Maksud dari kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam paragraf terkait.
Pa guru coba bimbing agar bisa ya!
Paragraf 1 : energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.
Paragraf 2 : kegunaan energi matahari.
Paragraf 3 : cara menghasilkan energi panas.
Paragraf 4 : asal mula api.

Lalu apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? 
Kesimpulannya : Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.

Coba belajar meringkas lagi! Yuk membaca dulu!

Perbedaan Suhu dan Panas

     Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.
     Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
     Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
Yuk, sekarang kamu tulis kata-kata kunci tiap paragraf dari bacaan di atas. Silakan lihat contoh caranya pada bacaan yang pertama.
Paragraf 1 : ......
Paragraf 2 : ......
Paragraf 3 : ......

Dan selanjutnya buat kesimpulan bacaan Perbedaan Suhu dan panas. caranya lihat seperti contoh pada bacaan pertama!

Masih tahap belajar meringkas, yuk baca bacaan ketiga!

Manusia dengan Lingkungan Alam

     Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
     Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.
     Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?
     Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
     Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.

Yuk kita tulis kata-kata kunci tiap paragrafnya. Agar tidak memberatkan belajarnya, cocokkan di bawah ini :
Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
Paragraf 3 : Makhluk hidup, Benda mati
Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi

tahap berikutnya tuliskan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan Manusia dengan Lingkungan Alam, agar mudah, dibuat tabel sebagai berikut :
Paragraf Pokok Pikiran Informasi Penting
1 Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
2 Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang
3 Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya
4 Hubungan antara manusia dan lingkungan alam Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya
5 Pemanfaatkan alam oleh manusia Untuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.

Nah, dari pokok pikiran tersebut silakan buat menjadi tulisan/ karangan sesuai bahasamu. Hasilnya kamu kirim ke gurumu!

Anak-anakku yang hebat, kita lanjutkan dengan materi PKn Yuk tonton video dari chanel Al Bilhaq dulu, tentang hak-hak anak menurut PBB (Perserikatan bangsa-Bangsa)

Nah agar tidak lupa, kamu bisa baca di Bacaan ini.

Konvensi Hak-Hak Anak

     Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengesahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia.
     Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
  1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya.
  2. Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan.
  3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.
  4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.

Hak-Hak Seorang Siswa

     Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.
     Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.
     Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
  1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
  2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
  3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
  4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
  5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
  6. memperoleh penilaian hasil belajarnya;
  7. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
  8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat

Kewajiban Warga Negara dan Siswa

     Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.
     Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.
     Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.
     Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah. 

Tugas : Tulislah 5 hak dan 5 kewajiban siswa di sekolah!
Kirimkan lewat WA ke gurumu!

KEGIATAN PENUTUP

Anak-anak, selesai sudah belajar kita, sebelum berdoa yuk kita menyaksikan tari Ratoh Jaroe dari Aceh yang diperagakan saat Pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta Indonesia. Mari cintai budaya daerah kita!


Sebagai akhir pembelajaran mari berdoa sesuai agama kita masing-masing. Bagi yang muslim silakan klik listen in browser dan ikuti.

Materi ini dapat  kamu downlod DI SINI untuk disimpan
Soal dapat didownload DI SINI atau DI SINI atau DI SINI

Wssalamu 'alaikum Wr. Wb.

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 6 Subtema 1 Pertemuan 1"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel