Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 1




KEGIATAN AWAL
1. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Bagi yang beragama muslim, silahkan klik di bawah ini !

2. Menyanyikan salah satu lagu wajib nasional, "Syukur"
   

3. Sebelum memulai pelajaran, yuk kita bersama-sama tonton iklan layanan kesehatan di bawah ini !


KEGIATAN INTI

Tujuan Pembelajaran :

Bahasa Indonesia

  1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan elektronik.
  2. Siswa dapat mengamati iklan elektronik, mengidentifikasi, dan menyajikan kata kunci pada iklan masyarakat.

PPKn

  1. Siswa dapat menceritakan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar.
  2. Siswa dapat memberikan contoh kegiatan yang mendukung keagaman sosial budaya dalam masyarakat.

 MATERI PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

Pentingnya Makanan Sehat

Usia anak antara 2 hingga 12 tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Makanan antara lain bermanfaat sebagai sumber energi, pelindung tubuh terhadap penyakit, sumber pembangun pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan juga bersifat mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua, dan sebagai pelindung organ-organ penting.

Akan tetapi, makanan yang sehat saja tidaklah cukup. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara cukup dan teratur. Berat badan dapat dikontrol melalui olahraga sehingga kita dapat terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi, serta meningkatkan memori.Dengan berolaharaga jantung dan paru-paru bekerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi semakin besar dan siap untuk kita pergunakan untuk berbagi aktivitas.

Untuk hidup sehat, bukan hanya makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Bayangkan jika lingkungan tempat kita tinggal kotor dan menjadi sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi. Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan.

 PENGERTIAN IKLAN

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk orang supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa seperti koran, majalah, atau tempat-tempat umum.

Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.

Contoh media cetak : Koran, majalah, tabloid

Contoh media elektronik : televisi, radio, internet

 CIRI-CIRI IKLAN

  • Komunikatif
  • Informatif
  • Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
  • Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/ pembaca untuk membeli/ menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan

 SYARAT IKLAN

·         Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.

·         Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.

·         Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.

·         Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.

·         Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.

 

JENIS-JENIS IKLAN BERDASARKAN MEDIANYA

1. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Teknik ini dapat berupa letterpess, photolitography, sablon, inkjet, laser dan lain sebagainya.

Wujudnya iklan cetak ini antara lain koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan luas space atau ukuran koran, majalah dan tabloid memiliki 3 wujud iklan, yaitu :

·         Iklan baris biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai luas tidak melebihi dari sekolom.

·         Iklan kolom memiliki luas satu kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.

·         Iklan display memiliki ukuran lebih lebih luas jika dibandingkan iklan kolom.

2. Iklan Elektronik

Iklan elektronik, adalah iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa :

a.) Iklan Radio

Iklan radio memiliki karakteristik yang hanya bisa didengar melalui audio (suara). Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara yang tidak beraturan atau efek suara alam.

b.) Iklan Televisi

Iklan televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Karakteristik inilah yang membuat pemirsa ingin membeli produk yang ditawarkan.

c.) Iklan Film

Iklan film wujudnya produk film/cinema. Umumnya, jenis iklan yang muncul yaitu iklan property endorsement dan live action yang tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film-film lainnya sebelum film utamanya diputar (promo ad).

d.) Iklan Media Digital Interaktif (Internet)

Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :

·       Website : iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.

·    Banner dan tombol : banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Sementara itu, button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.

·      Sponsorship : iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.

·     Classified ads : iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.

·       E-mail advertising : iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. Apa itu SPAM ? SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui. 


Poster adalah surat pengumuman yang dipasang di tempat umum, seperti dinding, pinggir jalan, dan papan pengumuman. Poster pada umumnya berisi promosi suatu produk terbaru dari suatu perusahaan maupun penyampaian informasi pelayanan kepada masyarakat. Misalnya penghijauan, keluarga berencana, dan tata tertib lalu lintas.

Poster menggunakan bahasa yang singkat, efektif, menarik dan mudah diingat. Poster berisi tulisan disertai gambar. Tujuan pembuatan poster antara lain menawarkan barang dagangan, mendidik masyarakat, dan mengimbau masyarakat tentang sesuatu.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang poster. Perhatikan penjelasan berikut :

1.  Judul

Penulisan judul poster yang baik, yaitu minimal dari jarak dua meter. Judul poster harus dapat terbaca dengan jelas dan menarik perhatian banyak orang.

2.  Informasi

Informasi pada poster sebaiknya disajikan dalam bentuk poin, dan dalam jarak minimal satu meter harus terbaca dengan jelas. Misalnya poster tentang penyakit maka informasi didalamnya setidaknya terdiri atas topik pembahasan tentang penyakit tersebut, penyebab gangguan, gejala dari penyakit tersebut, dan upaya penanganan serta pencegahannya.

3.  Pendukung

Pendukung dalam poster maksudnya adalah hal-hal yang bisa membuat poster menjadi lebih menarik, misalnya dengan menampilkan grafik atau gambar-gambar yang memudahkan pembaca memahami pesan dari poster tersebut.

4.  Sumber

Sumber informasi yang digunakan dalam poster dapat iperoleh dari internet, buku-buku, majalah, atau sumber lain terpercaya. Sumber informasi penting untuk dicantumkan.

 

Membuat Buklet

Selain menghormati dan menghargai, kita juga harus selalu melestarikan budaya dan adat istiadat di Indonesia. Salah satu caranya adalah menggunakan bullet. Buklet adalah sarana beriklan atau promosi secara tidak langsung. Bentuknya menyerupai sebuah buku yang berukuran kecil. Buklet memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamphlet/brosur. Penampilan dan desain sebuah buklet seringkali mewakili gambaran dan informasi sebuah perusahaan dan prosuk-produknya. Desain dan kualitas buklet yang bagus akan meningkatkan penjualan maupun ketertarikan masyarakat terhadap produk perusahaan tersebut.

 

 PPKn

Modal dasar pembangunan nasional adalah segala sumber kekuatan nasional yang dimiliki dan didayagunakan bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional.

-  Modal dasar pembangunan nasional di Indonesia antara lain :

1.    --  Kemerdekaan dan kedaulatan

2.    -  Jiwa dan semangat persatuan

3.    -  Wilayah Nusantara

4.   -  Kekayaan alam yang beraneka ragam

5.  -    Penduduk

6.  -    Adat istiadat

7.    -  Budaya bangsa

Keragaman merupakan suatu suatu kondisi yang khas pada kehidupan masyarakat. Perbedaannya dalam bentuk suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia.

Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Masyarakat Indonesia bisa saling berbagi informasi dan bertukar pikiran. Indonesia akan menjadi negara yang kaya akan kekayaan alam hayati, keanekaragaman budaya, keanekaragaman manusianya berkualutas baik. Dengan adanya keanekaragaman ini, Indonesia akhirnya memiliki sebuah semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua. Meskipun masyarakat memiliki latar belakang, pemikiran, prinsip, serta karakter yang berbeda, namun masyarakatnya tetap memiliki satu tujuan yang sama yaitu menjadikan Indonesia yang merdeka, bersatu, adil, dan makmur dalam Pancasila.

 Kata Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Empu Tantular merupakan salah satu pujangga besar pada zaman Kerajaan Majapahit. Pengamalan Bhinneka Tunggal Ika dapat dimulai di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar. Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi memiliki perjuangan para pejuang yang dilakukan dengan proses yang sangat panjang. Selanjutnya, kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa dan negara.

 Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan dalam bacaan! 

Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.

Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.

Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kos tum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan.



PENUTUP

Berakhir sudah pembelajaran daring untuk hari ini, yuk kita berdoa mohon kebaikan dan keselamatan duina dan akhirat 



 

Untuk materi bisa diunduh DI SINI atau DI SINI

Untuk soal evaluasi bisa diunduh DI SINI atau DI SINI atau DI SINI

 Baca juga :


Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 3 Subtema 2 Pertemuan 1"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel