Tema 3 Subtema 3 Pertemuan 2



Selamat pagi! Bagaimana kabar hari ini? Tetap jaga kesehatan ya! Jumpa lagi dalam pembelajaran jarak jauh, kali ini, melanjutkan pertemuan sebelumnya, Tema 3 "Makanan Sehat" Subtema 3 "Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat".
Mari kta awali pembelajaran dengan berdoa menurut agama masing-masing!
Bagi yang beragama Islam, silahkan baca doa berikut:


Tujuan Pembelajaran
Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari berbagai macam penyakit yang mengganggu organ pencernaan manusia. Nah, setelah belajar, kamu harus bisa mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai macam penyakit yang mengganggu organ pencernaan manusia. Siap ya!

Anak Hebat Indonesia tentu hafal lagu kebangsaan "Indonesia Raya" ciptaan W.R. Soepratman! Mengawali pembelajaran, mari kita menyanyikannya! (Klik videonya ➧!)

Sudahkah kamu sarapan hari ini? Apa yang akan terjadi jika kita tidak sarapan? Lalu, bagaimana makanan dapat dicerna dalam tubuh kita? Nah, kali ini kita akan mempelajarinya. Siapkan buku tematik, buku catatan, dan alat tulis lainnya ya! Let's go belajar tentang sistem pencernaan!

Penyakit yang Mengganggu Pencernaan Manusia
Perhatikan diagram sistem pencernaan berikut!
Tampak di sana bagian-bagian organ pencernaan manusia. Tentunya kamu sudah mempelajarinya pada pertemuan sebelumnya. Organ-organ pencernaan tersebut dapat dapat mengalami masalah jika manusia mengonsumsi makanan secara sembarangan. Hayo, siapa yang pernah makan jajan sembarangan? Mulai sekarang, perhatikan makanan yang masuk ke tubuh kita ya, agar tubuh kita selalu sehat!

Buah dikenal sebagai makanan terbaik bagi tubuh. Berikut manfaat buah-buahan:
  • sumber vitamin, yang dapat menyehatkan tubuh
  • sumber air dan gizi, yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh
  • sumber antioksidan, yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas
  • mencegah penyakit
  • sebagai obat luar tubuh, beberapa dipakai sebagai masker wajah atau bagian tubuh luar lainnya
Buah banyak sekali macamnya, salah satunya pisang. Pisang dapat mencegah maag dan luka akibat gangguan pencernaan. Pisang juga dapat menetralisisr iritasi pada bagian dalam perut.
Beberapa gangguan organ pencernaan yang sering terjadi di antaranya:
  • Diare, perut terasa mual dan feses menjadi encer. Diare dapat terjadi karena makanan atau minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit.
  • Maag, dinding lambung terasa perih, perut kembung, dan kadang-kadang mual. Maag dapat terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak.
  • Konstipasi atau Sembelit, feses menjadi keras, sulit buang air besar. Sembelit terjadi karena kurangnya serat yang masuk ke tubuh.
  • Usus Buntu, radang pada usus buntu akibat bakteri. Makanan yang mengandung bakteri dapat menyebabkan usus buntu.
Nah, sekarang sudah tahu macam-macam gangguan pencernaan yang ternyata disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Sekali lagi kita diingatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang baik.

Sebelum mengakhiri pembelajaran, ayo kita nyanyikan lagu "Ampar Ampar Pisang" dari Kalimantan Selatan! (Silahkan klik videonya!)
Mari kita akhiri pembelajaran dengan berdoa menurut agama masing-masing!
Bagi yang beragama Islam, ucapkan hamdalah!

Terima kasih telah mengikuti pembelajaran, semoga ilmunya semakin bertambah, tetap semangat, dan selalu ikuti protokol kesehatan! Sampai jumpa di pembelajaran berikutnya!

Materi dapat diunduh DI SINI
Soal evaluasi dapat diunduh DI SINI

Sumber:
Video 1: https://youtu.be/uf2eI6b3MJU
Video 2: https://youtu.be/y7WUO78QNdM
              (dengan editan teks)

Print Friendly and PDF

0 Response to "Tema 3 Subtema 3 Pertemuan 2"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan sesuai materi di blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel